Beranda Daerah IPJT Cilacap Gelar Workshop Jurnalistik Ke-3 Se-Jawa Tengah

IPJT Cilacap Gelar Workshop Jurnalistik Ke-3 Se-Jawa Tengah

110
0

Cilacap, Jateng

Pergelaran Whorshop Jurnalistik  ke-3 di Jawa Tengah berhasil dilaksanakan dengan sukses oleh IPJT Cabang Cilacap, pada hari Senin (28/12/2020) lalu, di Fave Hotel Kabupaten Cilacap, dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Acara diikuti oleh wartawan yang tergabung dalam IPJT se-Provinsi Jawa Tengah dari berbagai media, baik media electronik dan online serta media cetak, yang berjumlah lebih kurang 75 peserta.

Seminar workshop jurnalistik kali ini mengambil tema “The Media Is  Spreading Information In The public”.
Hadir dalam acara tersebut Pjs. Ketua Umum DPP IPJT, Sigit Tri Hartanto, Sekjend, M.Safik, Ketua Dewan Pers Indonesia, Hentje Mandagi yang juga menjadi Narasumber dan beberapa tamu undangan lainya seperti Forkopimda Kabupaten Cilacap, diantaranya Dinkominfo, Dandim dan Polres Cilacap.

Sigit Tri Hartanto dalam sambutanya menyampaikan bahwa dalam acara workshop ini bertujuan juga untuk menjalin kekompakan, menambah wawasan serta menyambung tali silahturahim antar anggota DPC IPJT.

“Kegiatan ini disamping dalam rangka menjalin silaturahim antara anggota IPJT Se -Jawa Tengah, juga dalam rangka menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten maupun kota supaya terjalin hubungan lebih baik lagi, “ ungkap Sigit.

Kepala Dinkominfo Cilacap, M. Wijaya M.M., yang juga hadir mewakili Bupati, menyampaikan bahwa wartawan adalah profesi yang sangat penting dan strategis untuk menyampaikan informasi pembangunan kepada masyarakat.

“Karena kita tahu manusia hidup butuh berita, dan jurnalistik benar-benar membantu pemerintah daerah dalam menyampaikan serta menginformasikan ke masyarakat sebagai sarana informasi tentang kemajuan pembangunan di daerah, di era digital kita juga harus bisa menepis berita-berita Hoaks,” terang M. Wijaya yang mewakili Bupati Cilacap.

Sementara itu Hentje Mandagi dalam paparannya menjelaskan bahwa sebagai wartawan, harus bisa memahami dasar-dasar jurnalistik, kemampuan menentukan angel berita dan tekhnik dalam menulis berita, jenis berita, tekhnik peliputan dan penentuan topik berita, disamping juga harus bisa menguasai semua sampai mengenai keterangan dalam gambar atau foto sebagai pendukung. “Karena kita adalah wakil untuk menyampaikan berita pada masyarakat agar bisa di pahami masyarakat banyak, informasi harus kita sampaikan apa adanya sesuai fakta, karena wartawan adalah profesi yang luar biasa dan mulia,“ papar Hence Mandagi.

Lebih jauh dikatakan bahwa kedepan seluruh insan Pers di Jawa Tengah harus dapat berkompetensi dan lebih profesional dalam menyampaikan pemberitaan, teruslah berkarya untuk pemberitaan.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia dan Ketua DPC IPJT Cilacap, Sangidun, menyampaikan, “Kami atas nama panitia mengucapkan terimakasih atas kebersamaan rekan-rekan IPJT se -Jawa Tengah yang telah ikut serta mensukseskan acara seminar Workshop ini, dengan harapan kedepan IPJT semakin solid dan jaya”.

Hal senada disampaikan oleh Teguh Supriyanto selaku Humas IPJT Jateng, melalui Whatsapp, Sekjend M.Safik mangatakan, “Kami bersama anggota IPJT se-Jateng sudah mendapatkan mandat dari jajaran pengurus DPC untuk hadir di Cilacap, dalam rangka meramaikan pelaksanaan Whorkshop Jurnalistik  IPJT yang ke-3”.

“Karena mengingat situasi masih dalam pandemi, dan kami tetap mematuhi protokol kesehatan, mudah-mudahan IPJT kedepan semakin maju dan semakin solid,” pungkasnya. (Tgh/ Sgt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here