Beranda Polres Jaga Kekhusyukan Ramadhan Satreskrim Polresta Banda Aceh Tagkap Pemasok Petasan/Mercon

Jaga Kekhusyukan Ramadhan Satreskrim Polresta Banda Aceh Tagkap Pemasok Petasan/Mercon

63
0
Selamat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Ke -151

Banda Aceh, NAD

Dalam rangka memberi kenyamanan dan ketentraman serta kekusyukan bagi umat islam yang lagi melaksanakan ibadah puasa, Satreskrim Polresta Banda Aceh tidak membiarkan adanya penjual mainan sejenis mercon atau petasan di pusat kota provinsi Serambi Mekkah.

Seperti yang dilakukan Satreskrim Polresta Banda Aceh dalam razia yang digelar Rabu (21/4/2021), dimana pada razia tersebut Satreskrim berhasil menangkap 27 kotak petasan mercon bermerek Blooming Flower dan Joyful serta 32 kotak petasan merek Happy Flower dan 182 batang petasan merek Roman Candle Tiger 0,8 5s.
 
Satreskrim Polresta Banda Aceh melakukan razia bagi setiap pemilik, penjual dan pengguna petasan/mercon di wilayah hukum Kota Banda Aceh, dalam rangka menjaga Harkamtibmas agar terciptanya kenyamanan bagi warga dalam melaksanakan ibadah dibulan suci ramadhan.
 
Polresta Banda Aceh akan melakukan razia terhadap pemilik dan penjual mercon dan petasan mulai sekarang hingga menjelang Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1442 H kedepan. Kemudian, pihaknya juga akan menindak bagi siapa saja yang menggunakan atau yang memperjual belikan petasan dan mercon di wilayah hukum Polresta Banda Aceh.
Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto, SIK., melalui Kasatreskrim AKP M. Ryan Citra Yudha, SIK., mengatakan, razia tersebut digelar untuk terciptanya Harkamtibmas di wilayah hukum Polresta Banda Aceh, dalam rangka memberikan kekusyukan, kenyamanan dan ketentraman bagi umat islam di bulan suci ramadhan.

Menurut AKP Ryan Yudha, Kepolisian khususnya Polresta Banda Aceh selaku pengemban keamanan di wilayah Kota Banda Aceh dan sebagian Kabupaten Aceh Besar, terus melakukan berbagai upaya untuk terciptanya kondisi keamanan, kenyamanan dan kekusyukan bagi warga masyarakat dalam melaksanakan ibadah puasa dibulan suci ramadhan. 
 
“Untuk itu, Satreskrim Polresta Banda Aceh akan melakukan razia terhadap pemilik, penjual dan pengguna petasan atau mercon yang pasti dapat mengganggu ketentraman umum khususnya masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah,” kata AKP Ryan. 
 
AKP Ryan menjelaskan, Satreskrim telah mengamankan seorang pemilik beserta barang bukti, dan kini pelakunya telah diamankan di Mapolresta Banda Aceh, guna untuk diusut lebih lanjut terkait penjualan mercon dan petasan.
 
Kasat Reskrim menambahkan, razia tersebut dilakukan demi memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, terlebih saat ini umat Islam sedang menjalankan ibadah dibulan Ramadhan.
 
Diterangkan juga, kepemilikan dan penggunaan bahan peledak juga termasuk petasan adalah melanggar Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951, pelaku dapat dijerat dengan pasal 187 KUHP. “Maka barang siapa yang melanggar tentunya akan berhadapan dengan hukum,” terang Kasat Reskrim AKP Ryan. (Jalaluddin Zky).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here