Beranda Daerah Jalan Jendral Sudirman Tugumulyo Musi Rawas Siap Menanti Korban

Jalan Jendral Sudirman Tugumulyo Musi Rawas Siap Menanti Korban

162
0

Musi Rawas, Sumsel

Masyarakat yang melintas setiap hari di jalan Jendral Sudirman penghujung kota Lubuklinggau di bagian Selatan, yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Musi Rawas tepatnya di penghujung Kelurahan Karang Ketuan kota Lubuklinggau menuju Kam D Tegal Rejo Kecamatan Tugumulyo (Merasi), kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, utamanya di jalan Poros Jend. Sudirman, sebelum pondok hijau rumah kediaman mantan Bupati Musi Rawas, harus ekstra hati-hati.

Pasalnya, terdapat sejumlah lubang di pinggiran jalan yang cukup mengerikan, hal itu tentunya mengancam keselamatan pengguna jalan, terutama pengguna kendaraan roda dua.

Kedalaman jalan berlubang pun bervariasi, bisa lebih 30 cm bahkan ada yang lebih. Ini akibat kurangnya perhatian pemerintah daerah karena jalan tersebut berada di bantaran saluran irigasi perairan sawah Tugumulyo Merasi, sudah barang tentu jalan tersebut rawan kerusakan karena tidak memiliki penahan jalan atau talud.
Salah seorang warga sekitar, Bik Jum, mengakui jika kerusakan jalan tidak sekadar adanya cekungan, tapi sudah berupa lubang-lubang. Itu ibarat kubangan menganga yang siap menjebak pengguna jalan. Tak jarang, pengguna jalan yang tidak tahu kondisi jalan ini jatuh karena terperosok ke dalam lubang.

“Lalamo nian pak pinggir jalan ni rusak, itu bae sereng mobel masok dalam sano, jangan kan itu baru pagi kemaren ado motor jatuh masok ke lubang itu pak sekitar jam sembilan pagi. Untung dak pulo parah ,” ujar Jum kepada wartawan, Jumat (05/02/2021).

Jum menambahkan, jalur ini sangat ramai di padati pengguna jalan. Bahkan setiap hari dari pagi sampai malam jalan ini ramai terus. ”Kalau tidak hati-hati bisa terperosok ke dalam lobang ini, karena tidak memakai bahu jalan serta pengaman jalan,” ujarnya.
Perlu diketahui, berdasarkan pantauan media ini, terdapat lebih dari tiga lubang yang berada di bahu jalan, kedalaman lubang dan diameter lubang tersebut bervariasi.

Bahkan kondisi pinggir jalan poros tersebut sangat parah, sudah bergelombang serta mengalami keretakan yang cukup parah sehingga sangat mengkhawatirkan bagi pengguna jalan.

Kerusakan pinggir jalan yang begitu parah diharapkan ada perhatian khusus dari instansi terkait, agar tidak banyak pengguna jalan yang menjadi korban akibat rusaknya pinggiran jalan yang banyak dilewati warga.

Warga minta kepada pemerintah daerah untuk segera memperbaiki jalan ini, juga kepada pihak pengairan agar segera memperbaiki saluran irigasi dan memasang mtalud guna untuk memperkuat pinggiran jalan agar tidak runtuh. (Habib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here