Beranda Polda Jamin Keamanan Idul Fitri 1443 H, Kapolda Kepri Hadiri Rakor Lintas Sektoral...

Jamin Keamanan Idul Fitri 1443 H, Kapolda Kepri Hadiri Rakor Lintas Sektoral Bidang Operasional Secara Virtual

28
0

Batam, Kepri

Kapolda Kepri Irjen Pol. Dr. Aris Budiman, M.Si., bersama TNI dan sejumlah pejabat stakeholder lainnya menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 2022 secara virtual yang dipimpin langsung oleh Kapolri di Rupatama Polda Kepri, pada hari Kamis (14/4/2022).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pangkogabwilhan I, Ketua DPRD Prov. Kepri, Komandan Korem 033/WP, Kabinda Prov. Kepri, Danlantamal IV Tanjung Pinang, Danlanud RHF, Kajati Kepri, Wakapolda Kepri, PJU Polda Kepri, Kabankesbanglinmas Prov. Kepri, Kadis Perhubungan Prov. Kepri, Kadis Pekerjaan Umum Prov. Kepri, Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Prov. Kepri, Kakanwil Kemenag Prov. Kepri, Kadis Kesehatan Prov. Kepri, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Prov. Kepri, Ka. BPBD Prov. Kepri, Ka. Basarnas Prov. Kepri, Ka. Sam Ritel Pertamina Kepri, Ka. Bulog Prov. Kepri dan Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol. Harry Goldenhardt S, S.I.K., M.Si.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol. Harry Goldenhardt S, S.I.K., M.Si., mengatakan, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 2022 secara virtual yang dipimpin langsung oleh Kapolri ini memaparkan materi ataupun strategi jelang Idul Fitri yang disampaikan oleh Kapolri, Menko PMK RI, Menteri Perhubungan RI, Menteri Kesehatan RI, Mendagri RI, Menteri Agama RI, Kepala Basarnas, Dirut PT. Pertamina dan Kepala BMKG.
Selanjutnya, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., menegaskan beberapa poin dalam penyampaian materinya pada Rakor Lintas Sektoral Bidang Operasional yaitu :
1. Akselerasi Vaksinasi di Daerah Tujuan Mudik
2. Upaya dalam Menjaga Protokol Kesehatan
3. Stabilitas Ketersediaan Minyak Goreng dan Bahan Pangan Lainnnya
4. Persiapan Jelang Idul Fitri

Dalam materinya, Menko PMK RI Muhadjir Effendy menyampaikan, pemerintah telah menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2022 serta syarat perjalanan mudik dan libur lebaran tahun 2022, antisipasi pergerakan mobilitas masyarakat dalam rangka mudik hari raya idul fitri 2022, dan relaksasi kebijakan mudik dengan syarat booster akan memulihkan budaya dan silaturahim.

“Kementerian perhubungan dan jajaran akan memastikan sarana angkutan disemua moda dengan melakukan Ramp Check semua sarana angkutan yang akan dioperasionalkan. Kementerian perhubungan telah melakukan koordinasi intensif pada Jumat 1 April 2022 dibawah koordinasi Menko PMK untuk mengantisipasi dan mempersiapkan angkutan lebaran 2022, potensi adanya peningkatan PMI yang akan mudik ke Indonesia paska pelonggaran syarat perjalanan Internasional dan potensi kepulangan jamaah umroh yang tinggi paska meningkatnya keberangkatan umroh pada bulan puasa,” imbuh Menteri Perhubungan RI Ir. Budi Karya Sumadi.

Menteri Kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC., CLU., mengatakan, “Kami menyiapkan beberapa strategi pelaksanaan vaksinasi di bulan suci ramadhan untuk disosialisasikan bersama MUI serta kami mengapresiasi dukungan Polri dalam percepatan program vaksinasi Covid-19”.

“Sedangkan terkait dengan masalah kesiapan menghadapi persiapan Idul Fitri dalam konteks pengamanan dan juga tugas kami selaku Menteri Dalam Negeri sebagai pembina sekaligus pengawas pemerintah daerah yaitu arus mudik dan arus balik harus sesuai dengan konsep Bapak Kapolri dan Menteri Perhubungan yang sudah disiapkan, tentu kami akan mengeluarkan surat edaran agar setiap daerah membuat Satgas dalam rangka mengembangkan arus mudik dan arus balik,” tutur Mendagri RI Drs. H. Tito Karnavian M.A., Ph.D.

Menteri Agama RI yang diwakili oleh Wakil Menteri Agama RI Dr. H. Zainul Tauhid Sa’adi, M.Si., menuturkan, umat Islam dianjurkan untuk mengisi dan meningkatkan amalan pada bulan suci ramadhan, seperti tarawih, iktikaf, tadarus Al-Quran, pengajian dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Pejabat atau aparatur sipil negara dilarang untuk melaksanakan kegiatan buka puasa bersama dan sahur bersama, sedangkan untuk masyarakat yang melaksanakan buka puasa bersama dan sahur bersama harus memperhatikan protokol kesehatan.

“Selanjutnya saya sampaikan, terkait Vaksinasi Covid-19 dapat dilaksanakan di bulan suci Ramadhan dengan mengikuti panduan kesehatan,” ungkap Wamenag. 

Kepala Basarnas Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi menyampaikan, terkait kesiapan Basarnas dalam mendukung arus mudik hari raya Idul Fitri 2022, Basarnas mendukung penyelenggaraan angkutan lebaran dengan melaksanakan siaga dasar khusus dan juga akan melaksanakan simulasi penanganan kecelakaan transportasi yang bersinergi dengan Kemenhub, Korlantas Polri, BMKG, Pemda.

Selanjutnya, Dirut Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan bahwa Pertamina juga akan menyediakan layanan tambahan BBM di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama serta memastikan kelancaran pendistribusian BBM dan LPG. Selama Ramadhan dan Idul Fitri Pertamina akan membentuk satuan tugas mulai 11 April hingga 10 Mei yang melibatkan Tim holding, sub holding Pertamina serta Instansi terkait.

“Perlu kita ketahui bahwa beberapa hari ke depan wilayah Indonesia ini masih mengalami musim hujan, maka dalam rangka menghadapi arus mudik ini, BMKG juga menyiapkan beberapa posko yang ada di setiap provinsi yang meliputi layanan informasi cuaca iklim dan juga perkiraan cuaca khususnya pada jalur transportasi,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

“Kiranya dalam rakor ini bisa kita antisipasi bersama-sama dan kita berdoa bersama agar selama bulan Ramadan hingga jelang Idul Fitri nanti semua akan berjalan dengan baik, aman, sehingga Provinsi Kepri akan tetap menjadi daerah yang tertib dan damai,” tutup Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol. Harry Goldenhardt S, S.I.K., M.Si. (Ariyanto Nainggolan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here