Jamselinas Xll Batam: Perayaan Keselamatan dan Kolaborasi dalam Olahraga Sepeda Nasional

0
14

Polda Kepri laksanakan kegiatan Undangan Pelepasan Fun Ride Jambore Sepeda Lipat Nasional (JAMSELINAS) XII Batam, bertempat di Dataran Engku Putri Batam, Sabtu (11/11/2023).

Batam, Kepri || Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Hj Marlin Agustina Rudi (Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau), Muhammad Rudi (Walikota Batam), Purwiyanto (Wakil Kepala BP Batam), Irjen. Pol. Puji Hartanto (Komisi Kepolisian Nasional), Brigjen. Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H., (Wakapolda Kepulauan Riau), Mayjen TNI Bambang Trisnohadi (Direktur Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan), serta Laksmana Pratama TNI Andiansyah, S.E., (Kepala Badan Intelijen Pertahanan Daerah Provinsi Kepulauan Riau).

Tidak hanya tokoh-tokoh pemerintah dan militer, acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Sudirman Saad (Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi), Rodhial Huda (Wakil Bupati Natuna), Mayor Joko (Komandan Polisi Militer Angkatan Laut Lantamal IV Batam), Mayor Pas Septa Barandara (Kepala Dinas Operasi Lanud Hang Nadim Batam), Lettu Inf Rudi Manurung (mewakili Komandan Batalyon Infanteri Raider 0316 Batam), Letda Mar Tanggu Yowono (Pasi Logistik Yonbek Marinir 10 Surabaya), Sipung Purwanti (Ketua Ikatan Dokter Fisioterapi dan Bekam Batam), serta Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Salim.
Selain itu, sejumlah pejabat dari Pemerintah Kota Batam, Badan Pengusahaan (BP) Batam, serta para peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga turut memeriahkan acara ini, dengan total peserta yang hadir mencapai lebih dari 2.259 orang.

Sejumlah rangkaian acara telah dirancang dengan baik dalam kegiatan ini. Acara dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh seorang MC yang berpengalaman. Kemudian, seluruh hadirin bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, diikuti dengan pembacaan doa untuk keselamatan selama acara berlangsung dan Panitia acara turut memaparkan rute yang akan ditempuh oleh peserta dalam Fun Ride ini.

Rute ini meliputi perjalanan dari Dataran Engku Puteri Batam Center hingga mencapai garis finish di Nuvasa Bay Resort. Rute ini dirancang dengan baik dan menghadirkan tantangan yang menarik bagi para peserta.

Irjen Pol. Purn. Puji Hartanto dari Komisi Kepolisian Nasional memberikan pesan yang sangat relevan dengan situasi lalu lintas saat ini. Beliau menyampaikan tentang peningkatan angka kecelakaan lalu lintas setiap tahun dan pentingnya patuh pada aturan lalu lintas untuk menjaga keselamatan. Beliau juga mendorong para peserta untuk mempersiapkan diri dengan baik, baik secara jasmani maupun fisik, sebelum mengikuti kegiatan ini.
Kemudian Walikota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan, ‘Saya berharap acara ini bisa berjalan dengan lancar tanpa ada insiden yang tidak diinginkan, dan semoga cuaca bisa mendukung dan memberikan dukungan penuh agar acara ini berjalan dengan sukses”.

Selanjutnya pada pukul 06.30 WIB, acara mencapai puncaknya dengan pelepasan Jamselinas tahun 2023 yang diresmikan oleh Walikota Batam, Muhammad Rudi. Para peserta dimulai dari Fun Ride di Dataran Engku Puteri Batam Center dan berakhir di Nuvasa Bay Resort. Pelepasan peserta dibagi menjadi tiga gelombang, dengan masing-masing gelombang berjumlah 753 peserta. Setiap gelombang dilepas satu per satu dengan selang waktu 5 menit.

Penting juga untuk dicatat bahwa tiap peserta wajib memasang Chip GPS dari EO Metasport di sepeda mereka, yang membantu memantau perjalanan para peserta dan pada pukul 09.00 WIB para peserta akhirnya tiba di Nuvasa Bay Resort, menyelesaikan perjalanan mereka. Pada pukul 10.40 WIB, para peserta membubarkan diri dengan tertib dan ditutup oleh Walikota Batam, Muhammad Rudi.

“Diakhir acara ini bukan hanya sekadar kegiatan olahraga sepeda, melainkan juga merupakan momen penting bagi pecinta sepeda dari berbagai daerah yang berkumpul untuk bersepeda bersama dan mempromosikan keselamatan berlalu lintas. Acara ini menjadi bukti kolaborasi yang kuat antara pemerintah daerah, militer, dan masyarakat dalam mendukung kegiatan olahraga dan keselamatan di jalan raya,” tutupnya. (Ariyanto Nainggolan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here