Beranda Daerah Jelang Nataru, KSOP Ende Tingkatkan Pengawasan Dan Pelayanan

Jelang Nataru, KSOP Ende Tingkatkan Pengawasan Dan Pelayanan

284
0

Ende, NTT

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan serta keselamatan dalam pelayaran bagi masyarakat yang melakukan mudik menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru ( Nataru ) yang jatuh menjelang akhir tahun 2021 dan awal tahun 2022, khususnya melalui jalur laut, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ende meningkatkan pengawasan pada semua pintu masuk pelabuhan laut.

Menurut Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ende, Kondrad Siahaan, ST., MM., kepada wartawan, Kamis (2/12/2021), mengatakan, dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap pemudik, KSOP Ende akan membentuk tim dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait diantaranya PT. Pelni serta semua stakeholder yang ada baik pihak pemerintah maupun swasta, untuk memberikan rasa nyaman kepada penumpang atau pemudik.

Kondrad Siahaan, ST., MM., Kepala KOSP Ende, Prov. NTT.

Ia menjelaskan, pada prinsipnya KSOP bersama instansi terkait memperketat semua pintu masuk baik pelabuhan Ende maupun pelabuhan Ippi untuk memberikan rasa aman kepada penumpang.

Kondrad Siahaan menambahkan, mengingat sumber daya yang dimiliki khususnya jumlah personil yang ada sangat terbatas, maka petugas yang ada akan dimaksimalkan serta melakukan patroli secara mobile dari satu pelabuhan ke pelabuhan yang lain.

Sementara pengamanan yang sama juga berlaku bagi pemudik yang bepergian melalui pelabuhan udara maupu jalur darat juga.
KSOP memastikan bahwa pelayanan transportasi laut tetap menjadi prioritas kendati saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Siahaan mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan KSOP adalah memastikan keamanan dan keselamatan pelayaran yang merupakan prioritas utama dalam transportasi laut, sehingga dapat melancarkan pengiriman logistik, terutama untuk komoditas kebutuhan pokok barang dan jasa di wilayah pelabuhan Ippi dan Pelabuhan Ende.

“Kami terus berupaya untuk memastikan dan meningkatkan keamanan dan keselamatan pelayaran dengan menetapkan alur-pelayaran, sehingga kapal-kapal yang masuk maupun keluar pelabuhan lebih terjamin keselamatan dan keamanannya sehingga dapat mendukung pula kelancaran pergerakan perekonomian dan kegiatan masyarakat, khususnya di Pelabuhan lppi dan Pelabuhan Ende,” ujarnya, Kamis (3/12/2021).

Siahaan menilai Pelabuhan lppi dan Pelabuhan Ende merupakan dua pelabuhan yang memiliki peranan penting bagi masyarakat di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (Damianus Manans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here