Beranda Polres Jelang Ops Ketupat Ranakah 2021, Kapolres Ende Pimpin Rakor Lintas Sektoral

Jelang Ops Ketupat Ranakah 2021, Kapolres Ende Pimpin Rakor Lintas Sektoral

36
0

Ende, NTT

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Polres Ende menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan Ops Ketupat Ranakah 2021, Rabu (5/5/2021) pukul 10.30 Wita.

Kegiatan digelar di ruang PPKO Polres Ende dipimpin langsung oleh Kapolres Ende, AKBP Albertus Andreana, S.I.K., dan dihadiri oleh Kabag Ops Polres Ende, Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Ende, Kepala Badan Kesbangpolinmas Kabupaten Ende, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Ende, Wakil MUI Kabupaten Ende, Pengurus PHBI Kabupaten Ende, Wakil Senkom Kabupaten Ende, Dansub Denpom Ende, KBO Satintelkam Polres Ende, Koordinator Pos SAR Ende, Kasi TOKPD Bandara Ende, Supervaisor RSD Pertamina Ende, Kasi Pelkes Dinkes Kabupaten Ende, Kabid Darat dan Laut Dinas Perhubungan Darat Kabupaten Ende, Kasi Ops Bulog Ende, Opjar PLN Ende dan Batih Ops Kodim 1602 Ende.

Kegiatan diawali dengan sambutan Kapolres Ende, dengan inti sambutan yang disampaikan, “Rapat Koordinasi yang berlangsung saat ini merupakan kesiapan kita dalam melaksanakan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan larangan mudik di wilayah Kabuparen Ende”.
Perlu diketahui bersama, bahwa saat ini kita masih dilanda pendemi Covid-19 yang mana sesuai dengan data dari Satgas Covid-19 Kabupaten Ende hingga saat ini terus mengalami peningkatan sehingga sangat dibutuhkan perhatian dan upaya kita bersama untuk menekan penyebaran Virus Covid-19 di Kabupaten Ende, terutama selama pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri,” pungkas Kapolres.

Upaya Pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 selama Hari Raya Idul Fitri 1442 H adalah adanya larangan mudik serta penerapan Prokes pada saat pelaksanaan Ibadah yang perlu ditindaklanjuti bersama guna menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Ende.

“Terkait dengan lokasi pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H, kami dari pihak Kepolisian sangat mengharapkan agar pelaksanaannya dilaksanakan di Mesjid  masing-masing,” ucap Kapolres Ende, AKBP Albertus Andreana, S.I.K.

Selesai arahan dari Kapolres dilanjutkan dengan pemaparan berturut-turut  dari masing-masing Instansi mulai dari Asisten I Kabupaten Ende, Dinas Perhuhungan Darat Kabupaten Ende, Pelni Kabupaten Ende, Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, Pertamina Ende, dan terakhir paparan dari KBO Satintelkam Polres Ende.

Adapun hasil rapat lintas sektoral antara lain,
sesuai dengan penyampaian Asisten I Kabupaten Ende, Drs. Abraham Badu, bahwa hasil rapat Bupati Ende dengan Ketua PHBI, Ketua Ormas Islam dan Tokoh Agama Islam di ruang kerja Bupati Ende, Rabu (5/5/2021) yakni, pelaksanaan Sholat Idul Fitri diselenggarakan di Masjid masing-masing dengan tetap mengikuti dan menerapkan Prokes Cegah Covid-19.

Dinas Perhubungan Laut, Udara dan PT. Pelni telah menindaklanjuti apa yang menjadi instruksi Pemerintah terkait dengan larang mudik, dengan melakukan berbagai upaya seperti menjaga perbatasan, pembatalan penerbangan dan pembatasan penumpang kapal.

Sesuai dengan penyampaian dari pihak Pertamina Kabupaten Ende, untuk BBM dan stok minyak tanah di Kabupaten Ende jumlah ketersediannya bisa mencukupi 10 hari kedepan.

TNI dan Sat Pol PP Kabupaten Ende siap back up/membantu Polri / Polres Ende dalam melakukan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tanggal 13 Mei 2021.

Kegiatan Rakor berakhir pada pukul 11. 40 Witta, berjalan aman dan lancar. (Damianus Manans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here