Jelang Pemilu 2024, Polres Halmahera Utara Gelar Sispamkota

0
17

Kepolisian Resor Halmahera Utara, daerah Maluku Utara menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) untuk kesiapan personil Kepolisian dalam melaksanakan pengamanan Pemilihan Umum Tahun 2024, yang bertempat di depan kantor KPUD Halmahera Utara, Rabu (11/10/2023).

Halut, Malut | Turut hadir dalam gelar latihan simulasi, Kabag Ops AKP. Johanes Aipipidely, S.E., Kasat Binmas Iptu Nimrod Muman, Kasat Intel Iptu Guntur Wahyu Setyawan, S.T.K., S.I.K., Kasat Samapta Ipda Rujiono Tjuluku, Danki Kompi I Brimob Kupa-Kupa Ipda Muhamad Thilio, para Perwira dan Personil Polres Halut yang terlibat dalam sprin simulasi pengaman Sispamkota persiapan Pengamanan Pemilu tahun 2024.
Kapolres Halmahera Utara AKBP Moh. Zulfikar Iskandar, S.I.K., melalui Kabag Ops AKP Johanes Aipipidely, S.E., menyampaikan bahwa pelaksanaan Simulasi Sispamkota yang dilakukan ini sebagai bentuk sistem pelaksanaan Pemilu 2024, dengan melihat kesiapsiagaan personil dalam melakukan kegiatan pengamanan Pemilu tahun 2024.

Selain itu, Simulasi Sispamkota ini juga dipraktekkan beberapa adegan sesuai dengan sistim dan tata cara pengamanan pada saat pelaksanaan Pemilu 2024.

Didalam pelaksanaan Simulasi sispamkota ini terdapat Pesonil Pengamanan dari Dalmas awal, Dalmas lanjutan kemudian di beckup oleh PHH dari Personil Brimob, namun keterlibatan semua personil pengamanan ini tergantung agresifnya massa aksi, untuk itu simulasi ini dibuat secara serius sehingga terkesan situasi terjadi Ricuh yang sebenarnya, “kata Kabag Ops.
Perlu diketahui bahwa saat ini kita masih simulasi untuk memperkenalkan atau mengetahui objek serta peran dari pada para personil dalam pelaksanaan simulasi Sispamkota.

Direncanakan Sispamkota ini akan digelar pada hari Sabtu tanggal 14 Oktober 2023, dimana pada pelaksanaannya nanti akan dihadiri oleh Forkopimda dan unsur terkait, lembaga penyelenggara dan para ketua Partai Politik.

Diharapkan pada pelaksanaan Simulasi Sispamkota ini nanti dilakukan secara serius, sebagai upaya untuk menunjukkan kepada semua pihak bahwa Polri siap mengamankan Pemilu 2024.

Adapun adegan yang diperagakan pada pelaksanaan simulasi diantaranya, adegan satu, Patroli Cipta Kondisi Harkamtibmas, adegan dua, Masa Tenang Pengawalan Pendistribusian Logistik, adegan tiga, Tahap Pemungutan Suara, adegan empat, Pengawalan dan Pergeseran Hasil Pemungutan Suara, adegan lima, Pasca Pengumuman Hasil Pleno KPU dan Pengamanan Unras. (Roby Pangemanan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here