Beranda Nasional Jokowi Segera Lantik Ketua KPK Baru dan Dewan Pengawas

Jokowi Segera Lantik Ketua KPK Baru dan Dewan Pengawas

90
0

Proses pelantikan Ketua KPK periode 2019-2023 diagendakan pada hari ini di Istana Negara pada pukul 14.30, Jum’at (20/12/2019).

Jakarta | “Jadi Jumat pelantikan jam 14.00 WIB di Istana, terus kita kembali kemari (Gedung Merah Putih) untuk acara serah terima,” ungkap Lili Pantauli Siregar usai menjalani induksi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Jokowi dijadwalkan juga melantik lima anggota Dewan Pengawas KPK selain melantik pimpinan KPK periode 2019-2023,  keberadaan Dewan Pengawas KPK ini merupakan hal baru dalam lembaga tersebut.

Belum diketahui pasti lima orang yang dipilih Jokowi untuk mengisi jabatan tersebut, Dewan Pengawas KPK merupakan amanat dari Pasal 37A UU KPK baru atau UU KPK Nomor 19 Tahun 2019.

Meski Jokowi mengaku sudah mengantongi lima nama anggota Dewan Pengawas KPK namun Jokowi belum mengumumkan secara resmi, Dilansir Antara, Jokowi sempat menyebut nama eks Hakim Agung Artidjo Alkostar, hakim Albertina Ho, dan eks Ketua KPK, Taufiqurrahman Ruki.

Menkopolhukam Mahfud MD menilai nama-nama tersebut adalah tokoh yang dianggap memiliki rekam jejak yang cukup baik.

“Bagus. Pastilah besok yang diumumkan akan menjadi orang-orang yang oleh masyarakat dianggap tidak punya cacat yang serius. Kalau cacat-cacat kecil sih namanya manusia ada. Pastilah, ditunggu saja besok,” kata Mahfud di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (18/12), seperti dilansir Kumparan.

Lima Pimpinan KPK baru tersebut adalah Komjen Firli Bahuri sebagai ketua KPK, Alexander Marwata sebagai wakil ketua KPK, Lili Pantauli Siregar, Nawawi Pomolango, dan Nurul Ghufron.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here