Beranda Bhayangkara Kandidat Hoegeng Awards 2022, Kesaksian Anak Buah Soal Sikap Antisuap Kapolda Gorontalo

Kandidat Hoegeng Awards 2022, Kesaksian Anak Buah Soal Sikap Antisuap Kapolda Gorontalo

63
0
Foto: Kapolda Gorontalo, Irjen Pol. Akhmad Wiyagus, SIK.

Jakarta, Bhayangkarautama.com.

Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus menjadi salah satu nama yang diusulkan pembaca detikcom sebagai kandidat penerima Hoegeng Awards 2022.

Anak buah Irjen Akhmad Wiyagus di Polda Gorontalo memberikan sejumlah kesaksian mengenai sosok Irjen Wiyagus. Salah satu penilaian yang paling populer adalah Irjen Wiyagus dikenal antisuap.

“Kapolda saja kalau ingin bertemu dengan tamu di ruangan Kapolda pasti ada orang lain yang bersama-sama,” kata Kapolres Gorontalo AKBP Ahmad Pardomuan kepada detikcom, Jumat (18/3/2022).

Dia mengatakan Irjen Wiyagus selalu menghindari berbicara berdua dengan tamu. Terutama jika tamu tersebut hendak membahas suatu masalah dan berpotensi meminta bantuan dengan timbal balik suap.

“Sehingga tidak ada yang dibicarakan secara berdua, apalagi kalau ada masalah-masalah. Beliau tidak ada urusan dengan yang begitu,” tegas Ahmad.

Irjen Wiyagus juga dinilai berhasil membantu pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi. Tercatat, Gorontalo termasuk provinsi yang angka presentasi vaksinasi pertama dan kedua cukup tinggi.

“Kapolda Gorontalo punya metode manajerial sendiri soal vaksinasi, contohnya setiap Senin kami Kapolres hingga kapolsek harus melakukan analisis dan evaluasi terhadap vaksinasi dan penanganan COVID, jadi kita selalu dievaluasi,” ucap Ahmad.

Sosok Irjen Wiyagus Tegas ke Bawahan
Kesaksian lain datang dari Kapolres Gorontalo Kota AKBP Suka Irawanto. Dia mengatakan Irjen Wiyagus termasuk sosok yang tegas terhadap bawahan. Ketegasan Irjen Wiyagus tak bisa ditawar-tawar.

“Selama saya menjabat hampir satu tahun tujuh bulan merasa baik, berintegritas, tegas dan Kapolda tidak bisa dinego karena tugas. Kalau diperintah, harus dilaksanakan,” kata AKBP Suka saat dimintai konfirmasi terpisah.

Sebagai wujud keberimbangan, Irjen Wiyagus disebut rutin memberikan reward kepada anggota berprestasi dan punishment bagi yang melanggar. Irjen Wiyagus dinilai tak suka memihak.

“Beliau selalu memberikan reward and punishment itu langsung. Kapolda orang komitmen memberikan hadiah dan hukuman bagi mereka yang pantas menerima,” kata Irawanto.

“Kapolda orangnya profesional setiap memberikan arahan, pandangan ke setiap anggota selalu enak, sehingga kita bekerja juga baik. Kalau tugas-tugas ikutin beliau pasti enak. Yang susahnya kalau yang mau melakukan yang aneh-aneh. Itu terbukti soal vaksinasi di Gorontalo, situasi kamtibmas yang ada di Gorontalo aman,” ungkap Irawanto.

Terakhir, Irwanto juga menyinggung tentang Irjen Wiyagus sebagai sosok antisuap. Irjen Wiyagus dinilai selalu memberikan perlakuan sama terhadap orang-orang yang dekat atau jauh dengannya.

“Kami rasa sendiri, kita sebagai anggota, seperti saya sebagai Kapolres tidak terlalu aneh-aneh,” tuturnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here