Kapolda Kepri Pimpin Upacara HUT Brimob Polri ke-78 di Mako Satbrimob Polda Kepri

0
10

Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si., pimpin upacara HUT Brimob Polri ke-78 tahun 2023, di Mako Satbrimob Polda Kepri, Kamis (16/11/2023).

Batam, Kepri // ‘Negara Aman Menuju Indonesia Maju, Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan”, menjadi tema besar peringatan HUT ke-78 Korps Brimob Polri Tahun 2023.

Namun peringatan HUT ke-78 Korps Brimob Polri tidak dapat dilaksanakan tepat waktu pada tanggal 14 November, oleh karena adanya Agenda Nasional Tahapan Pemilu 2024, yaitu tentang pendaftaran dan penetapan pasangan Capres dan Cawapres tahun 2024. Sehingga, peringatan HUT ke-78 Korps Brimob Polri Tahun 2023 dilaksanakan secara serentak pada tanggal 16 November, oleh Korps Brimob Polri dan seluruh Satbrimob Polda di seluruh Indonesia, tanpa terkecuali.
Upacara memperingati HUT Brimob Polri ke-78 tahun 2023 di Mako Satbrimob Polda Kepri dihadiri oleh Asops Kaskogabwilhan I Laksma TNI Bambang Dharmawan, Wakapolda kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H., Pangkoarmada I diwakili Danpom armada I Kolonel Laut (PM) Didik Wahyudi, Danlantamal IV diwakili Mayor Laut Joko Hari Mulyono, Kepala kantor Kamla zona maritim barat/yang mewakili, Dr. H. M. Suryo Roespationo selaku warga kehormatan Korps Brimob Polri, Irjen Pol (Purn) Drs. Aris budiman, MSi., Irjen Pol. (Purn) Drs. Darmawan, M.Hum., Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto, S.H., M.H., Dirpam aset BP Batam, Ketua Bhayangkari daerah kepri Ny. Imelda Tabana Bangun beserta pengurus bhayangkari daerah kepri, Pejabat Utama Polda Kepri, Kadensus 88 anti teror/yang mewakiki, Kapolres/ta jajaran polda kepri, Forkopimda kota batam, jajaran Komandan satuan TNI di kota Batam, Kepala kantor dan pimpinan instansi vertikal di Kepri dan Kota Batam, tokoh masyarakat dan tokoh agama, awak media dan seluruh personil Satbrimob Polda Kepri.

Selanjutnya, amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., melalui teks yang dibacakan Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Tabana Bangun, M.Si., menuturkan, apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap dedikasi dan pengorbanan Korps Brimob Polri dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), Juga pentingnya peran Brimob dalam mendukung transformasi ekonomi dan menanggulangi berbagai tantangan global.

Sejarah panjang pengabdian Korps Brimob Polri, yang dimulai sejak terbentuknya Tokubetsu Keisatsutai hingga menjadi Brigade Mobil (Brimob), dijelaskan sebagai catatan emas bagi perjuangan bangsa Indonesia. Pencapaian Brimob dalam menangani berbagai pemberontakan dan tugas pengamanan tidak diragukan lagi, dan hal ini diakui dengan berbagai penghargaan yang diberikan oleh Polri sepanjang tahun 2023.

“Selama tahun ini, Polri memberikan 46 Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB), 16 promosi pendidikan, 2 promosi jabatan, 102 pin emas, dan 8 piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan loyalitas anggota Korps Brimob Polri,” jelas Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., melalui Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si.
Tantangan global yang dihadapi Indonesia, terutama dalam konteks ketidakpastian ekonomi. Dalam menghadapi situasi ini, Kapolri menekankan pentingnya stabilitas kamtibmas sebagai landasan pembangunan nasional dan pertumbuhan ekonomi.

Dalam menghadapi tantangan stabilitas kamtibmas, terdapat 7 (tujuh) fokus utama, antara lain pengamanan major project pemerintah, pengamanan event nasional dan internasional, penanggulangan bencana alam, pergerakan KKB dan KKP di Papua, ancaman terorisme, penanggulangan konflik sosial, dan pengamanan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024.

“Kami menekankan solidaritas dan jiwa korsa sebagai kekuatan utama dalam menghadapi tantangan dan kami juga berpesan agar anggota Korps Brimob Polri tetap menjadi “teratai putih,” mencerminkan tekad dan kemampuan untuk merubah situasi keruh menjadi tenang dan bersih. Sikap dan tindakan Brimob harus selalu berorientasi kepada kepentingan bangsa dan negara,” tutup Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., melalui teks yang dibacakan Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penganugerahan warga kehormatan Korps Brimob Polri oleh Dansat Brimob kepada Kapolda Kepri, Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si., dan Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H.

Kegiatan dilanjutkan dengan peragaan beladiri praktis Brimob, peragaan penanggulangan anti teror dan syukuran HUT ke-78 Korps Brimob Polri di Mako Satbrimob Polda Kepri. (Ariyanto Nainggolan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here