Beranda Bhayangkara Kapolda Riau Apresiasi Kampung Tangguh Di Bengkalis

Kapolda Riau Apresiasi Kampung Tangguh Di Bengkalis

30
0

Bengkalis, Riau

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Iman Effendi, didampingi Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Dandim Bengkalis serta Bupati Bengkalis dan Wakil Bupati tiba di Kampung tangguh Polres Bengkalis sekitar pukul 10.45 WIB, Selasa (26/10/2021).

Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan saat istrahat duduk sambil santai menjelaskan, asal muasal berdirinya kampung tangguh ini tidak lepas dari ide dari Kapolda Riau.

“Syukur Alhamdulillah, di kampung tangguh kita berhasil memanen cabe yang dulu harganya sangat tinggi, setelah kita panen bisa menstabilkan harga di pasar hanya Rp.20.000, dan juga hasil dari panen kita 10% kita sumbangkan ke Baznas dan pesantren,
juga untuk sampai sekarang kampung tangguh Polres Bengkalis memiliki lahan seluas 15 hektar. Selain menanam ketahanan pangan yang ditanam di kampung tangguh, juga dilakukan budidaya ikan dan ternak kambing, dimana pemeliharaannya melibatkan masyarakat setempat atau pemberdayaan,” kata Kapolres AKBP Hendra.
Di tempat yang sama Kapolda Riau Irjen Pol. Agung Setya Iman Effendi memberikan apresiasi kampung tangguh milik Polres Bengkalis tersebut. Menurutnya, inisiasi kampung tangguh tersebut memang program yang diterapkan setiap Polres se-Provinsi Riau.

Lebih Lanjut Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan, adapun tujuan membuat kampung tangguh ini yakni untuk meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan dimasa pandemi Covid-19, pelaksanaan kampung tangguh Polres Bengkalis ini sukses dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Bupati Bengkalis Kasmarni mengatakan, program kampung tangguh yang dilaksanakan oleh Polres Bengkalis ini merupakan lahan Pemerintah Daerah yang dipinjam pakaikan, sebagai pendorong dan motivasi program ketahanan pangan. Tentunya menjadi motivasi dan terobosan untuk menerapkan budidaya tanaman bagi pemerintah dan akan memberdayakan lahan tidur.

“Dinas Ketahanan Pangan kita akan coba berdayakan Pokja PKK, seluruh PKK dari Kabupaten hingga ke PKK Desa untuk melakukan penanaman tanaman sayur-sayuran. Jadi masyarakat tidak perlu malu lagi untuk melakukan cocok tanam di pekarangan rumah dan pemamfaatan lahan yang ada, kedepanya ketika masyarakat ingin makan sayur tinggal petik dan panen saja,” tutup Bupati Bengkalis. (Wawan Syahputra) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here