Beranda Polda Kapolda Sumatera Barat Berkomitmen Jamin Keamanan Jurnalis Saat Bertugas

Kapolda Sumatera Barat Berkomitmen Jamin Keamanan Jurnalis Saat Bertugas

46
0

Padang, Sumbar

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat (Sumbar), Irjen Pol Teddy Minahasa Putra janji akan menjamin keamanan para jurnalis di wilayah hukumnya, termasuk jurnalis yang tersangkut persoalan hukum dalam menjalankan tugas.

Bahkan, hal itu juga dibuktikan dengan penandatanganan nota kesepahaman Polda Sumbar bersama sejumlah organisasi jurnalis di Sumbar, di antaranya AJI, IJTI, PFIm dan PWI.

“Para insan pers juga tidak terlepas dari risiko-risiko dalam hal pekerjaan sehari-hari,” ujar Teddy dalam sambutannya pada momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN), Selasa (22/2/2022).

Menurut Teddy, dalam nota kesepahaman itu, salah satunya berisikan, jika dalam melaksanakan tugas, ada pihak yang mengadukan atau tidak terima pemberitaan, maka pihaknya tidak serta-merta melakukan tindakan-tindakan penegakan hukum.
“Masih ada ruang yang bisa kita musyawarahkan dan diselesaikan secara yang lebih humanis. Tidak selalu hukum, kecuali membunuh dan menganiaya,” ungkapnya.

Tapi, kata Teddy, selama persoalan itu masih dalam koridor, berimpitan dalam pelaksanaan tugas jurnalis di Sumbar, maka ada toleransinya. “Ini bukan sekadar janji, tapi komitmen,” jelas Teddy.

Adanya nota kesepahaman ini, lanjut Teddy, ia berharap para jurnalis saling bersinergi menyalurkan berbagai hal yang informatif, produktif dan berbagai kretifitas lainnya kepada publik secara transparan dan akuntabel.

“Pada momentum ini, saya berserta jajaran Polda Sumbar mengucapkan selamat Hari Pers Nasional. Semoga jurnalis di Sumbar semakin profesional, objektif dan terpercaya. Mari bersama bersinergi membangun Provinsi Sumbar yang kita cintai,” pungkasnya. (AAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here