Beranda Bhayangkara Kapolres Ciamis : “Hikmah Idul Kurban Mengajak Umat Untuk Menjalin Hubungan Baik...

Kapolres Ciamis : “Hikmah Idul Kurban Mengajak Umat Untuk Menjalin Hubungan Baik Antar Sesama”

55
0

Kepolisian Resort Ciamis pada hari raya Idul Adha 1441 H,menyembelih puluhan ekor hewan Kur’ban. 11 diantaranya Hewan Sapi dan 35 ekor Kambing, di halaman Sat Narkoba Polres Ciamis, Jumat (31/07/2020).

“Makna kurban sendiri memberikan kita pelajaran untuk taat kepada Allah SWT dan mengingatkan untuk saling berbagi. Dengan peringatan Idul Adha kita harus meningkatkan kepekaan dan membantu sesama,” – Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra S.IK.,MH –

Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra, SIK, MH saat di wawancarai awak media, Jum\at (31/07/2020)

Ciamis, Jabar |BU| Kepada wartawan Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra S.IK.,MH didampingi Waka Polres Kompol H. Hidayatulloh, S.IK, dan Kepala Dinas Kesehatan, Drs.Syarif Hidayat M.Si,disela kegiatan penyembelihan hewan qurban mengatakan, “Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Jajaran Polres Ciamis menyembelih 11 ekor Sapi  dan 35 ekor Kambing yàng pendanaannya dari  masing-masing anggota yang telah niat untuk ber kurban,” ungkap Kapolres.

“1 ekor Sapi diserahkan Ke Masjid Agung Kab. Ciamis, 2 ekor Sapi di sembelih di Polsek sedangkan Kambing sebagian diserahkan ke Pondok Pesantren dan sisanya disembelih di masing -masing Polsek,” terangnya.

Dikatakan Dony Eka, “Daging hewan kurban nantinya akan dibagikan kepada para personil, kepada masyarakat miskin, masyarakat tidak mampu di lingkungan Polres Ciamis dan masyarakat yang terdampak ekonomi karena pandemi Covid-19,” imbuhnya.

“Untuk di wilayah Polsek-Polsek daging kurban nantinya dibagikan untuk masyarakat di sekitar wilayah hukum Polsek masing-masing,” tuturnya.

Kapolres menjelaskan, Penyembelihan hewan kur’ban merupakan bagian Syariat Islam, dimana hakikat Qurban Idul Adha adalah kembali kepada tujuan hidup, yaitu beribadah kepada Allah SWT.

“Hikmah dari segala peristiwa qurban tidak lain adalah untuk memperoleh ridha Allah melalui ibadah dengan menjalankan segala perintah Allah SWT,” ujarnya.

Ia mengatakan esensi Idul Adha mengajak umat untuk menjalin hubungan baik antar sesama, terutama masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan.

“Makna kurban sendiri memberikan kita pelajaran untuk taat kepada Allah SWT dan mengingatkan untuk saling berbagi. Dengan peringatan Idul Adha kita harus meningkatkan kepekaan dan membantu sesama,” pungkas AKBP Dony Eka.

Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Syarif Hidayat mengatakan untuk keseluruhan hewan kurban yang ada di Polres  telah layak untuk di kurbankan. “Adapun kualitas daging layak di konsumsi atau tidak nanti TIM kami akan mengecek dari sample Ati dan Paru,” ungkapnya.

“Jika dalam atinya ada semacam kasar kaya ada pasirnya dan ada jenis hewan cacing, maka nanti untuk atinya dibuang atau dimusnahkan adapun yang lainnya boleh di konsumsi,” terangnya.

“Perlu di ketahui selama 15 hari Dinas Peternakan melakukan pengecekan hewan kurban. Dari pantauan di Kabupaten Ciamis, hewan yang akan di kurbankan berjumlah 5605 ekor terdiri dari Sapi, Domba dan Kambing, 3922 Lolos dan layak dijadikan hewan kurban, sedangkan sisanya 1683 ekor dinyatakan tidak lolos karena dari segi usia belum mumpuni, dan belum cukup umur dan dihimbau untuk ditahan dulu jangan di kurbankan,”tegasnya. (Muhamad Rifa’i)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here