Beranda Bhayangkara Kapolri : Jangan Ragu Pecat Dan Pidanakan Anggota Yang Melanggar. Tidak Pakai...

Kapolri : Jangan Ragu Pecat Dan Pidanakan Anggota Yang Melanggar. Tidak Pakai Lama !

79
2

Jakarta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan secara tegas kepada seluruh jajarannya untuk memberikan tindakan tegas kepada oknum anggota kepolisian yang melanggar aturan saat menjalankan tugasnya.

Sigit menekankan kepada seluruh Kapolda dan Kapolres untuk tidak ragu memberikan sanksi tegas berupa pidana atau Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) kepada personilnya yang tidak menjalankan tugas sesuai aturan.

“Perlu tindakan tegas jadi tolong tidak pakai lama, segera copot, PTDH, dan proses pidana. Segera lakukan dan ini menjadi contoh bagi yang lainnya. Saya minta tidak ada Kasatwil yang ragu, bila ragu, saya ambil alih,” kata Sigit dalam arahannya kepada jajaran melalui Vicon di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/10/2021).

Menurut mantan Kapolda Banten ini, perbuatan oknum anggota kepolisian telah merusak marwah dari institusi Polri. Hal itu juga telah menciderai kerja keras dan komitmen dari personil Korps Bhayangkara yang telah bekerja secara maksimal untuk masyarakat.

Sigit mencontohkan kerja keras dan perjuangan anggota Polri yang positif adalah dengan berjibaku melakukan penanganan dan pengendalian Pandemi Covid-19. Diantaranya, memastikan penyaluran bansos tepat sasaran, melakukan akselerasi vaksinasi dan memastikan protokol kesehatan (prokes) berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, Sigit berharap dengan adanya tindakan tegas kepada oknum polisi yang melanggar aturan dapat memberikan efek jera. Mengingat, kelakuan dari oknum tersebut berpotensi menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri, yang selama ini telah mendapatkan tren positif.

“Saya tidak mau kedepan masih terjadi hal seperti ini, dan kita harus melakukan tindakan tegas. Karena kasihan anggota kita yang sudah kerja keras, yang cape yang selama ini berusaha berbuat baik, terus kemudian hancur gara-gara hal-hal seperti ini. Tolong ini disikapi dengan serius, kemudian lakukan langkah-langkah konkret yang baik,” ujar eks Kabareskrim Polri itu.

Disisi lain, Sigit memberikan apresiasi kepada seluruh personil yang selama ini telah berjuang dan bekerja keras yang menjaga nama baik institusi, serta bekerja untuk kepentingan Bangsa Indonesia. Ia berharap, perilaku oknum tersebut tak mengendorkan semangat personel yang telah bekerja baik selama ini.

“Saya berikan apresiasi atas kerja keras, tetap semangat dan yakini apa yang dilakukan di lapangan benar sesuai SOP. Namun bila ada kesengajaan dan pelanggaran dari oknum yang bisa menjatuhkan marwah institusi, maka saya minta tak ada keraguan untuk memberikan tindakan tegas,” ucap Sigit.

Oleh karena itu, Sigit menegaskan, kedepannya seluruh jajaran Polri harus mampu membaca situasi kapan harus mengedepankan pendekatan humanis, dan kapan harus melakukan tindakan tegas.

“Jadi lakukan langkah-langkah kapan rekan-rekan harus humanis, kapan rekan-rekan laksanakan langkah-langkah tegas dilapangan sebagaimana SOP yang berlaku. Itu semua ada ukuran,” tutur Sigit.

Sementara itu, Sigit juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan masukan dan kritiknya. Menurutnya, semua aspirasi tersebut akan dijadikan bahan evaluasi demi kebaikan dan kemajuan Polri.

Sigit memastikan, Polri lembaga yang terbuka, sehingga tidak anti-kritik, apalagi masukan yang sifatnya membangun untuk menjadikan lebih baik lagi kedepannya.

“Jangan anti-kritik, apabila ada kritik dari masyarakat lakukan introspeksi untuk menjadi lebih baik,” tutup Sigit. (red)

2 KOMENTAR

  1. Saya Setuju Pak Kapolrri Tapi Alangkah Baiknya Kalau Saya Dapat Bertemu Atau Di Undang Untuk Menghadap Bapak Kapolri Dengan Membawa Perlakuan ANARKIS AROGAN DARI ANGGOTA BAPAK YANG MANA HUKUM SAMPAI DETIK INI MASIH TAJAM KE BAWAH TUMPUL KE ATAS PAK KAPOLRI😭
    CONTOHNYA SAYA PADA 16 MEI 2020 SETAHUN SETENGAH YANG LALU ADA 2 ANGGOTA POLISI DENGAN SERAGAM KOMPLIT DAN SENJATA LARAS PANJANG (PADAHAL SERAG POLRI ANGGOTA INI MENIPU SAYA MASYARAKAT KARENA DI DADA ADA NAMA DIKI TERNYATA DIKI SUDAH JADI TAHANAN DI POLRES AKIBAT MENGEDARKAN NARKOBA SEMENTARA YANG SEBENARANYA BERBOHONG INI BERNAMA BRIPKA HERO APRILANO,DAN AIPTU WAHYU NUGROHO MENGEREBEK,MENDOBRAK,MERUSAK,MEMPERMALU SAYA SEKELUARGA TANPA ADANYA LAPORAN APAPUN DARI SESEORANG SECARA TERTULIS HANYA FITNAHAN SEMATA MATA KARENA ADA INDIKASI PENCURIAN SEKOTAK PERHIASAN SAYA YANG DI LAKUKAN ADITIA PRAKASA DKK. KETIKA OKNUM POLISI POLSEK GAMBIR INI SELESAI MENDOBRAK PINTU PAGAR,PINTU RUMAH SAYA DAN MASUK DENGAN AROGAN DAN ANARKIS SAYAPUN BERTANYA MANA SURAT TUGAS NYA PAK?
    JAWABAN OKNUM POLISI INI MEMBENTAK SAYA TIDAK ADA, TIDAK USAH BANYAK TANYA SURAT TUGAS, KAMI DARI POLISI DARI POLSEK GAMBIR, Oooo Begini AROGAN ANARKIS SEWENANG WENANGNYA KAH SIKAP PRI LAKU POLRI PADA MASYARAKAT KECIL SEPERTI SAYA INI??? KASIHAN MASYARAKAT LEMAH HANYA JADI BUAL BUALAN POLISI SAJA. SETELAH TERJADI PRILAKU AROGAN DAN ANARKIS INI MEREKA PUN BERLALU TANPA ADA RASA PENYESALAN MEMPUNYAI ITIKAD BAIK UNTUK MEMINTA MAAF ATAU MUNGKIN MENGANTI PINTU KAMI YANG RUSAK INI, DAN MEMPERBAIKI PANDANGAN TETANGGA LINGKUNGAN RUMAH SAYA ATAS KEJADIAN FITNAH INI, OMG INIKAH SIKAP PRI LAKU POLRI PADA MASYARAKAT LEMAH YANG PUNYA HAK ASASI SEBAGAI WARGA NEGARA INFONESIA BERDOMISILI DI NEGARA PANCASILA,NEGARA DEMOKRAT NKRI TAPI KEMERDEKAAN KAMI DI ANIAYA, DI NISTAI, DI INJAK INJAK OLEH OKNUM POLRI INI PAK KAPOLRI MOHON PERHATIAANYA SEBAB SAMPAI DETIK HARI INI SAYA MASIH BELUM MAMPU MEMPERBAIKI RUMAH SAYA YANG TELAH DI RUSAK 2 ANGGOTA POLRI INI SEMENTARA 1 DI ANTARA MEREKA MALAH MENDAPAT PENGHARGAAN DARI INSTITUSI POLRI DENGAN KENAIKAN PANGKAT DARI BRIPKA HERO APRILANO MENJADI AIPDA HERO APRILANO DAN SAYA SEMPAT MENDAPAT PENEKANAN DARI KANIT NYA AGAR MENCABUT LAPORAN PENGADUAN SAYA DI POLDA METRO JAYA YANG BELUM JUGA TERTANGANI SAMPAI SAAT INI SATU TAHUN SETENGAH.
    KEMANA DAN GIMANA CARA KERJA POLRI INI PAK LISTYO

  2. Hormat Saya
    Wanita Yang TerZholimin
    Wiwik PUTRIANA
    081511188775
    Dan Saya Juga Pernah Di ANCAM AKAN DI TEMBAK OLEH AKP SUMINTO SH KANIT KRIMINAL UMUM POLRES JAKPUS KETIKA BELIAU MEMAKSA SAYA AGAR MAU MENCABUT LAPORAN POLISI SAYA PADAHAL BELUM TERTANGANI SAMA SEKALI DAN SAMPAI SAAT INI MALAH DI BERHENTIKAN OLEH KASATRESKRIMNYA POLRES JAKPUS AKBP TAHAN MARPAUNG SH.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here