Beranda Hukum Kejaksaan Negeri Purwakarta Implementasikan Restorative Justice

Kejaksaan Negeri Purwakarta Implementasikan Restorative Justice

26
0

Purwakarta, Jabar

Kejaksaan Negeri Purwakarta implementasikan Peraturan Jaksa Agung RI Nomor 15 Tahun 2020, dalam kegiatan konferensi pers penyerahan penetapan restorative juctice kepada pelaku tindak pidana penganiayaan, di aula Adhiyaksa Kejari Purwakarta, Jumat (31/12/2021).

Dalam penanganan tindak pidana penganiayaan yang terjadi pada tanggal 8 Juli 2020 yang lalu, pelaku H. Z (68) yang menganiaya korban PLA (37), dikenakan pasal 351 KUHPidana.

Menurut Kepala Kejari Purwakarta Yulitaria, SH., MH., penanganan perkara pidana umum bisa diselesaikan secara kekeluargaan dengan saling memaafkan.
“Lebih baik punya seribu teman daripada punya satu musuh,” ujar Yulitaria berfilosofi.

Lanjut Kajari Purwakarta, permasalahan itu bisa diselesaikan secara kekeluargaan, asalkan kedua belah pihak sudah saling memaafkan.

Sesuai instruksi dari Jaksa Agung RI, ST. Burhanuddin, kedepan lembaga penegak hukum ini dalam penerapan hukum lebih mengedepankan pola Restorative Justice.

Menurut Kasi Intelijen Kejari Purwakarta, Onneri Khairoza, SH., MH., restorative justice merupakan suatu konsep dalam penegakan hukum ranah pidana.
“Suatu upaya Kejaksaan setiap penanganan perkara tidak lagi harus menggunakan pemidanaan. Kalaupun ada pemidanaan, itu merupakan upaya terakhir dalam penanganan suatu perkara,” ungkapnya.

Senada dengan Kajari Purwakarta, Kasi Pidana Umum Kejari Purwakarta, Henry Yulianto, SH., MH., menyampaikan, terlaksananya restorative justice setelah kedua pihak yang berperkara telah mencapai kesepakatan saling memaafkan.

“Adanya kesepakatan antara pelaku dan korban, maka terjadi penyerahan penetapan restorative justuce,” ujar Kasi Pidum.

Korban penganiayaan, PLA (37), saat dikonfirmasi awak media mengatakan, telah menerima permohonan maaf dari pelaku H. Z (68), secara kekeluargaan telah berdamai dengan disaksikan oleh pimpinan Kejari Purwakarta dan para Kasi lainnya.

Kegiatan penyerahan penetapan restorative justice yang dipimpin langsung Kajari Purwakarta, Yulitaria, SH., MH., dihadiri Kasi Intel, Kasi Pidum, Kasi Datun, Kasubagbin, Kasi PB3R, kedua pihak berperkara, dan awak media cetak dan online. (Jim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here