Beranda Daerah Kejar Target Vaksinasi Lansia, Pemkab Purwakarta Integrasikan Pelayanan Posbindu

Kejar Target Vaksinasi Lansia, Pemkab Purwakarta Integrasikan Pelayanan Posbindu

28
0

Purwakarta, Jabar

Dalam rangka meningkatkan cakupan vaksinasi lansia, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta integrasikan dengan kegiatan di Pos Binaan Terpadu (Posbindu). Hal ini dilaksanakan mengingat lansia adalah kelompok yang rentan terpapar penyakit termasuk penularan Covid-19.

Bupati Purwakarta melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), telah meresmikan empat Posbindu di empat Desa pada dua Kecamatan, Rabu (27/10/2021).

Posbindu tersebut diantaranya terdapat di Kecamatan Bababakan Cikao yakni, di Desa Ciwareng dan Desa Mulyamekar. Sementara di Kecamatan Campaka ada di Desa Campakasari dan Desa Benteng.

Dalam keterangannya, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, Posbindu ini merupakan Posyandunya para lansia. Jadi Posbindu ini harus terintegrasi dengan kegiatan keagamaan seperti pengajian dan mengakomodasi kebutuhan para lansia seperti kesehatan.
“Lansia ini dalam menjalani program vaksinasi sedikit berbeda. Jadi pentingnya edukasi kepada lansia, terutama masalah keamanan dan kehalalannya, sehingga lansia tidak perlu merasa takut karena vaksin ini akan memberikan kekebalan terhadap tubuh sehingga tidak mudah tertular Covid-19, dan kalaupun terpapar tidak akan memberikan gejala yang berat hingga menyebabkan kematian,” kata Anne.

Untuk itu, sambung dia, pihaknya mengajak semua pihak bersama-sama mengedukasi para lansia agar bersedia divaksinasi Covid-19. “Tujuannya, supaya terbentuk herd immunity dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang sekarang sudah mulai melandai,” ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan percepatan vaksinasi rangkaian ini diintegrasikan dengan kegiatan-kegiatan yang lain, seperti pembentukan posbindu kemudian juga sosialisasi kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Purwakarta.

Selain itu, Bupati Anne menambahkan, ada sosialisasi kesehatan, juga kegiatan pemberdayaan masyarakat. Target vaksinasi seharusnya bulan ini adalah 40 persen untuk vaksinasi lansia dan dosis 1 adalah 70 persen, tetapi Kabupaten Purwakarta memang masih cukup tinggi dan harus mengejar ketertinggalan.

“Untuk vaksinasi kita kan terus diintegrasikan dengan kegiatan posbindu ini, dan hari ini kita masih tertinggal 12 persen, masih jauh. Makanya kita akan melakukan percepatan dengan disatukan diintregasikan dengan program Posbindu ini,” demikian Anne. (Jim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here