Beranda Daerah Kejari Aceh Utara Tahan Koruptor Dana Desa

Kejari Aceh Utara Tahan Koruptor Dana Desa

88
0

Aceh Utara, NAD

Diduga menyelewengkan dana desa mencapai Rp161 juta, salah seorang mantan geuchik (Lurah) di Kecamatan Lhoksukon, diamankan pihak Kejaksaan Negeri Aceh Utara, usai menghadiri pemeriksaan sebagai saksi di kantor setempat, Rabu (6/1/2021).

Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Utara, Pipuk Firman Priyadi, SH., MH., kepada awak media menjelaskan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap delapan orang saksi beserta saksi ahli. Pelaku S datang ke kantor, untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus penyelewengan dana desa pada 2017.

“Setelah kita lakukan pemeriksaan, kemudian kita tetapkan dia sebagai tersangka. Pelaku langsung kita tahan, dan dibawa ke lapas sembari menunggu dia didampingi kuasa hukum,” ucap Pipuk.

Sambungnya, pelaku disangkakan Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 3 jo Pasal 18 ayat (1) huruf b, ayat (2) dan ayat (3) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi.

“Pemeriksaan lanjutan akan kita lakukan setelah dia menunjuk penasihat hukumnya, sampai saat ini menurut keterangan dia mempergunakan uang desa tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya.

Pihak kejaksaan, menunjuk Jaksa Penuntut Umum Wahyudi Kuoso, SH., dan Juliadi Lingga, SH., untuk menahan dan melakukan penyidikan terhadap kasus tersebut. Penahanan dilakukan karena dikhawatirkan pelaku akan kabur, menghilangkan barang bukti atau mengulangi tindak pidana.

“Bukti dan saksi sudah cukup untuk kita keluarkan surat perintah penahanan, makanya yang bersangkutan langsung kita masukkan ke Lapas II B Lhoksukon,” pungkas Pipuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here