Beranda Daerah Kejari Bakal Sidik Dugaan Penyelewengan Dana Covid-19 Halmahera Utara

Kejari Bakal Sidik Dugaan Penyelewengan Dana Covid-19 Halmahera Utara

52
0
Kajari Halmahera Utara, Agus Wirawan Eko Saputro, SH., MH.
Selamat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Ke -151

Tobelo, Halut

Kejaksaan Negeri (Kejari) Halmahera Utara (Halut) bakal melakukan penyelidikan terkait dugaan Penyelewengan Refocusing Anggaran dan Dana Hibah Covid-19 di Kabupaten Halut tahun 2020. “Hingga saat ini Kejaksaan Negeri Halmahera Utara sedang mengumpulkan data dan bahan keterangan terkait penggunaan dana refocusing tersebut,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Halut, Agus Wirawan Eko Saputro, SH., MH., Kamis (01/07/2021).

Menurut Kajari, pihaknya telah menerima informasi dari berbagai sumber, terkait penerimaan maupun pengeluaran penggunaan dana refocusing untuk percepatan penanganan Covid-19. “Tindakan selanjutnya yang dilakukan Kejari Halut adalah melakukan penelitian terhadap keakuratan data dan bahan keterangan, dengan tujuan mengantisipasi penyelewengan maupun penyalahgunaan penggunaan dana tersebut dengan memanfaatkan situasi keadaan darurat dalam pengalokasian dana Covid,” jelasnya.

Dikatakannya, langkah ini diambil mengingat hingga kini belum adanya balasan surat dari pihak-pihak terkait terhadap pengelolaan dan penggunan dana tersebut. ” Apabila pada pengumpulan data dan pengumpulan bahan keterangan berasal dari informasi yang bisa di pertanggungjawabkan, maka kejaksaan dalam jangka waktu dekat akan sesegera mungkin melakukan penyelidikan dan penyidikan untuk menindaklanjuti,” tegasnya.

Perlu diketahui, bahwa sebelumnya Presiden Republik Indonesia melalui Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang pengelolaan penggunaan Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Surat Edaran Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021, telah memberikan tugas khususnya kepada Kejaksaan Negeri Halmahera Utara agar menjalankan Sistem pengawasan terhadap penggunaan Refocusing Anggaran dan Dana Hibah Covid-19 di Kabupaten Halmahera Utara. (Roby Pangemanan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here