Beranda Daerah Kementerian Kesehatan RI Mengakui Laboratorium PCR PT. NHM Paling Cepat Akurat Identivikasi...

Kementerian Kesehatan RI Mengakui Laboratorium PCR PT. NHM Paling Cepat Akurat Identivikasi Virus SARS CoV-2

87
0
Selamat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Ke -151

Tobelo, Halut

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengakui pengelolaan Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM) karena dinila sesuai dengan standar dan anjuran organisasi Badan Kesehatan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa, World Health Organisation (WHO), karena laboratorium PCR PT. NHM paling akurat dan cepat dibanding tes-tes lain untuk identifikasi Virus SARS CoV-2.

Berdasarkan peraturan Pemerintah Indonesia, hanya hasil tes dari laboratorium-laboratorium PCR yang terdaftar di Kementerian Kesehatan RI lah yang akan diakui hasilnya, dan laboratorium PCR PT. Nusa Halmahera Minerals (PT. NHM) di tambang emas Gosowong adalah salah satunya.

“Kami sangat bersyukur laboratorium PCR kami tersebut termasuk dalam daftar laboratorium yang diakui oleh Kementerian Kesehatan RI, karena pengakuan ini membuat sistem pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang kami lakukan untuk karyawan dan mitra kerja perusahaan sesuai dengan peraturan Pemerintah dan protokol kesehatan yang ditetapkan,” kata Manajer Komunikasi PT. NHM, Ramdani Sirait kepada media massa, Rabu (4/8/2021).

Ramdani menjelaskan, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 PT. NHM mendapat dukungan penuh dari Presiden Direktur PT. NHM, Robert Nitiyudo Wachjo, dalam upaya-upaya penanggulangan Covid-19 di Gosowong. Salah satunya dengan penyediaan fasilitas laboratorium PCR di tambang emas Gosowong milik PT. NHM di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, yang dioperasikan oleh tim Tirta Medical Center dan dibawah pengawasan Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) PT. NHM, untuk keperluan tes para karyawan dan mitra kerja PT. NHM. Sebuah laboratorium PCR lain juga telah dihibahkan PT. NHM kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Halmahera Utara untuk turut membantu Pemerintah Daerah dalam upaya pemantauan dan pengendalian Covid-19 ditengah masyarakat Halut.

Sebagaimana Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. HK.01.07/MENKES/4642/2021 tentang Penyelenggaraan Laboratorium Pemeriksaan Corona virus Disease 2019 (Covid-19), di seluruh Indonesia ada 742 laboratorium yang diakui Pemerintah dan terdaftar di bawah Kemenkes RI. Selain laboratorium PCR PT. NHM di Tambang Emas Gosowong, di Provinsi Maluku Utara saat ini terdapat enam laboratorium PCR yang terdaftar di Kemenkes, termasuk Laboratorium Dinkes Kabupaten Halmahera Utara (Halut) yang merupakan bantuan PT. NHM, dan laboratorium RSUD. Chasan Boisorie Kota Ternate.

Dari periode 14 Oktober 2020 hingga 3 Agustus 2021, laboratorium PCR PT. NHM di Gosowong sudah memeriksa 57.558 sampel usap PCR. Proses pemeriksaan sampel dimulai dari tim medis yang melakukan tes usap para karyawan di lokasi-lokasi usap sesuai jadwal. Setelah itu, sampel dikelompokkan menurut kategorinya masing-masing (positif, N1 dan N2), serta dikemas dengan aman di wadah khusus, kemudian diantar langsung oleh tim medis dengan disertai dokumen serah-terima sampel ke laboratorium PCR Gosowong.

“Manajemen PT. NHM memberi perhatian sangat besar dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19, terutama untuk para karyawan dan mitra kerjanya agar aktivitas tambang emas Gosowong dapat terus beroperasi aman, sehat dan maksimal dan dapat terus memberikan kontribusi kepada karyawan dan keluarga, masyarakat, pemerintah dan pemilik saham,” tegas Ramdani. (Roby Pangemanan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here