Beranda MPR RI Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo : “Kepala Daerah Awasi Masalah Tenaga Kerja”

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo : “Kepala Daerah Awasi Masalah Tenaga Kerja”

42
0

Kepala Daerah pelaksana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Indonesia, diminta mengawasi masalah ketenagakerjaan. Dengan tetap melakukan upaya cegah-tangkal penularan Covid-19.

Efektivitas, semua kepala daerah harus bekerja lebih keras menurunkan angka penularan Covid-19 dengan periode PSBB yang tidak terlalu lama. Apalagi, pembatasan sosial yang berkepanjangan juga mulai membuat semua orang tidak nyaman. – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo –

Jakarta | Demikian ditegaskan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, menanggapi laporan Kementerian Ketenagakerjaan yang mencatat hingga 12 Mei 2020 jumlah tenaga kerja yang dirumahkan maupun terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di seluruh Indonesia mencapai 1.722.958 orang.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan upaya cegah-tangkal penularan Covid-19 dengan penerapan PSBB masih perlu dilanjutkan. Namun, para kepala daerah sebagai pelaksana dan penanggungjawab PSBB juga perlu mencermati indikator ekonomi, khususnya aspek ketenagakerjaan.

“Penerapan PSBB memang diperlukan. Tetapi, PSBB yang berkepanjangan berpotensi menghadirkan masalah sosial karena gelembung angka pengangguran. Sudah jutaan pekerja yang dirumahkan maupun menerima PHK. Perlu diingatkan ketika jumlah pengangguran terus bertambah, akan muncul masalah sosial. Kecenderungan inilah yang perlu diwaspadai semua kepala daerah,” papar Bamsoet, Senin (18/05/2020) di Jakarta kepada awak media.

Bamsoet mengaku mendukung kebijakan para kepala daerah dalam penerapan PSBB untuk mengurangi angka penularan Covid-19, tetapi dengan kerja keras yang efektif dan nyata sehingga terhindar dari pemberlakuan PSBB yang berkepanjangan.

“Efektivitas, semua kepala daerah harus bekerja lebih keras menurunkan angka penularan Covid-19 dengan periode PSBB yang tidak terlalu lama. Apalagi, pembatasan sosial yang berkepanjangan juga mulai membuat semua orang tidak nyaman,” tegas nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here