Beranda MPR RI Ketua MPR RI Minta Pengembalian Uang Pelunasan Jemaah Haji Tahun 2020 Utuh...

Ketua MPR RI Minta Pengembalian Uang Pelunasan Jemaah Haji Tahun 2020 Utuh Tanpa Potongan

50
0

Terkait keputusan pembatalan haji tahun 2020 oleh Mentri Agama, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, meminta pemerintah melalui Kementerian Agama untuk memberikan kepastian jaminan pengembalian uang pelunasan jamaah haji yang batal diberangkatkan tahun ini secara utuh tanpa potongan.

Kementrian Agama mempersiapkan skenario pembatalan haji tahun ini dan skenario pemberangkatan haji ke depannya. Apabila situasi sudah aman dan memungkinkan agar tidak terjadi antrian panjang daftar calon jamaah haji. Sehingga persiapan dalam pelaksanaan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jamaah dapat dilakukan dengan lebih maksimal. – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo –

Jakarta | Pengumuman Keputusan Mentri Agama atau KMA Nomor 494 tahun 2020, tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441H/2020M. Seharusnya disertai penjelasan terkait jaminan pengembalian uang pelunasan jamaah haji, guna menghindari gejolak ditengah masyarakat.

“Perlunya jaminan pengembalian uang pelunasan jamaah haji tahun ini, dengan menetapkan proses pengembalian ongkos biaya haji secara utuh tanpa adanya pemotongan dan juga menjadikan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag di daerah sebagai pusat informasi bagi masyarakat yang butuh keterangan,” kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, melalui pesan tertulisnya di Jakarta, Kamis (04/06/2020).

Selain jaminan pengembalian uang pelunasan jemaah haji, Kementerian Agama, juga dianggap perlu untuk membuat keputusan jaminan memprioritaskan jemaah haji yang dibatalkan keberangkatannya di tahun 2020 ini, untuk didaftarkan dan diberangkatkan sebagai calon jemaah haji tahun 1442H/2021M.

“Memperioritaskan calon jemaah haji yang dibatalkan keberangkatannya, untuk didaftarkan sebagai calon jemaah haji tahun 1442H/2021M,” lanjutnya.

Disamping itu, Bambang Soesatyo juga meminta, Kementrian Agama mempersiapkan skenario pembatalan haji tahun ini dan skenario pemberangkatan haji ke depannya. Apabila situasi sudah aman dan memungkinkan agar tidak terjadi antrian panjang daftar calon jamaah haji. Sehingga persiapan dalam pelaksanaan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jamaah dapat dilakukan dengan lebih maksimal. *(edyson)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here