Beranda Pendidikan Khatam Al Qur’an Surau Waqaf Babussallam Batu Sangkar

Khatam Al Qur’an Surau Waqaf Babussallam Batu Sangkar

25

Surau Waqaf Babussallam Tabek Boto, Jorong Baringin, Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Batusangkar, berhasil menyelenggarakan acara Khatam bagi 33 Santriwan dan Santriwatinya, Minggu (08/03/2020).

Batusangkar, Sumbar | Dibalik keberhasilan Khatam Al Qur’an itu tak lepas kerjasama dari seluruh pihak yakni perintah nagari, ninik mamak, perantau, pemuda dan masyarakat yang berhasil memulihkan secara cepat kerusakan surau akibat cuaca ekstrim beberapa waktu silam.

Pengurus Surau Waqaf Babussallam Tabek Boto Cipta Prasat mengatakan kerusakan berupa runtuhnya dam halaman, rusaknya kanopi dan beberapa bagian dengan kerugian lebih kurang Rp.35 juta.

“Rusaknya beberapa bangunan Surau menjadi pembahasan serius dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat jorong Baringin, Alhamdulillah pada akhirnya semua terselesaikan dengan baik, hingga terselenggara acara khatam Al Qur’an ini,” ujar Cipta Prasat.

Terlepas dari keberhasilan itu, ia melaporkan bahwa Surau Waqaf Babussalam Tabek Boto juga telah ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan Waqaf 1.000 hafiz dengan mengirimkan sebanyak 25 orang Santriwan dan Santriwatinya.

“Di sebelah Surau ini telah berdiri rumah Tahfiz Babussalam, inilah bentuk dukungan masyarakat jorong Baringin terhadap program pemerintah daerah dalam mewujudkan kabupaten tahfiz,” ujar Cipta Prasat.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi terlaksananya acara Khatam Al Qur’an guna menciptakan generasi yang berakhlak dengan iman dan taqwa yang kuat.

Dan salah satu santri wati Saniya Intan Vicenna putri dari Ki Guntur DPK Lidik Krimsus RI Tanah Datar meraih tropi juara tiga.

“Kita menyakini bahwa Al Qur’an adalah obat bagi generasi muda agar tidak terjerumus ke dalam dampak negatif pergaulan bebas yang banyak terjadi pada saat ini, untuk itu kita ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas terselenggaranya acara ini,” ujar Zuldafri.

BACA JUGA :  Sholat Ied Di Mesjid Agung Ciamis Ditiadakan

Ia pun berharap kepada peserta khatam untuk terus melanjutkan pendidikannya melalui rumah tahfiz, “Terus lanjutkan, jangan sampai dengan khatam ini berhenti membaca Al Qur’an, hindari niat bahwa khatam Al Qur’an hanya bertujuan mendapatkan sertifikat untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya,” ujar Zuldafri.

Selanjutnya, Wabup Zuldafri diakhir sambutan memberikan bantuan pembangunan diterima langsung ketua pengurus Surau Waqaf Babussalam Tabek Boto didampingi Camat Lima Kaum Hendra Setiawan, Sekretaris Nagari Baringin dan Tokoh Masyarakat.

Reporter : Ki Guntur P

Komentar Facebook