Beranda Daerah Kilas Balik Tahun 2021, Sepak Terjang Lanud Maimun Saleh Bangkitkan Semangat Untuk...

Kilas Balik Tahun 2021, Sepak Terjang Lanud Maimun Saleh Bangkitkan Semangat Untuk Kemajuan Kota Sabang

231
0

Sabang, NAD

Memang tidak mudah sebuah perjuangan, hanya bermodalkan semangat, komitmen serta berkolaborasi dengan seluruh masyarakat Kota Sabang, untuk memajukan Pulau Weh sebagai pulau yang sangat luar biasa, dan pastinya akan menjadi contoh bagi daerah luar Sabang, demikian dikatakan Danlanud MUS Letkol Pnb Dariyanto yang merupakan lulusan Akabri tahun 2001, Kamis,(30/12/2021).

Menurutnya, kolaborasi semangat serta kegigihan Danlanud MUS dalam memperjuangkan, membangkitkan Kota Sabang untuk lebih maju diawali dari sektor pertanian, karena sektor pertanian merupakan salah satu yang terpenting dalam ketahanan pangan untuk kehidupan sehari-hari apalagi dalam kondisi Pandemi Covid-19 saat ini yang membutuhkan kemandirian pangan, masyarakat tidak akan dapat menikmati hidupnya apabila sektor pertanian lumpuh atau tidak berkembang, awal tahun 2021 hingga saat ini Danlanud MUS dan personel Babinpotdirga mulai melakukan sepak terjang yang luar biasa, bergerilya untuk mencari bahan-bahan pembuatan Jamu Sehat Tanaman dan ternak yang keberadaannya di Sabang sangat berlimpah ruah, yang mana bisa mendongkrak kemajuan Kota Sabang melalui sektor pertanian, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat Sabang untuk pembuatan pupuk organik.

Tidak sampai itu saja, pada bulan Februari 2021 Danlanud MUS menindak lanjuti penetapan DLkr Bandara MUS yang mana membahas tentang persetujuan pemakaian Bandara MUS dapat terselesaikan, memasuki bulan Juni, untuk menggugah kepedulian masyarakat Sabang tentang pentingnya kebersihan, personil Lanud MUS seluruhnya turun kejalan dalam rangka menghidupkan kembali lapangan Play Ground yang berada ditengah kota dengan diadakan karya bhakti membersihkan seluruh area lapangan Play Ground.

Sehingga, sampai saat ini lapangan tersebut hidup kembali menjadi sarana olahraga masyarakat Sabang, dengan berbagai tantangan dalam situasi negara saat ini yang dilanda wabah Covid-19 Lanud Maimun Saleh terus berperang melawan Corona Virus dengan melakukan gebrakan pertama sebagai pelopor pemberian vaksinasi Covid-19 berlangsung selama dua hari di Hotel Pasifik Plaza dengan memperoleh target 500an lebih peserta.

Sampai saat inipun perang melawan wabah tersebut Lanud MUS masih terus eksis memberikan Herd Immunity kepada masyarakat Sabang, sampai dengan saat ini dengan mengadakan gerai Vaksin setiap hari di beberapa titik daerah pelosok Sabang. Menginjak bulan Agustus 2021 berlanjut kembali peninjauan oleh CEO Regional Sumatera PT. Garuda Indonesia untuk mengecek kondisi kesiapan bandara dan landasan pacu Maimun Saleh.

Tujuannya, untuk dapat digunakan maskapai penerbangan aktif kembali dan telah diimpikan masyarakat Sabang, dengan bergulirnya waktu lahan sekitar Lanud MUS dijadikan sebagai lapangan Volly Outdoor, sehingga pemuda-pemuda Sabang dapat memanfaatkan dengan tujuan kesinergitasan akan terpupuk dan kekompakan lebih tinggi. Dari awal menjabat, Danlanud MUS tak lupa untuk memupuk pembinaan rohani dan menjalin tali silahturahmi dengan masyarakat Sabang, tokoh masyarakat dan tokoh agama melalui Suling Bambus dengan makna.

‘Subuh Keliling Bersama Masyarakat Sabang Asrikan dan Bersihkan Masjid’ di galakkan dengan tujuan lebih mendekatkan kepada masyarakat Sabang agar tercipta sinergi yang kuat.

Tidak sampai disitu perjuangan seorang lulusan Akabri Angkatan 2001, terus berinovasi dan pada bulan April 2021 Kebun Barokah Lanud MUS diresmikan oleh Walikota Sabang, yang mana kebun barokah sampai saat ini terus menorehkan sejarah, dari tempat perkebunan edukasi, hingga mendapatkan kunjungan dari berbagai generasi muda Sabang yaitu dari Sekolah dan instansi yang ada di Kota Sabang sebagai bahan inspirasi dalam ketahanan pangan di Pulau Weh.

Pada bulan Oktober 2021 KB Angkasa Maimun Saleh mendapatkan renovasi lebih baik dan kedepannya nanti bisa menjadi PAUD percontohan di Kota Sabang untuk mendidik dan mencetak generasi penerus putra-putri Sabang yang cerdas dan kreatif. Semua perjuangan untuk memajukan Sabang tidak surut, semua perjuangan akan membuahkan hasil, pada bulan November Danlanud MUS dikunjungi oleh ketua UMKM Nusantara Kota Sabang, ibu Evy Marina Amaliawati beserta para pengurus UMKM, bahwasannya Danlanud MUS ditunjuk sebagai pembina Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Nusantara Kota Sabang, dengan perjuangan, semangat, kolaborasi terciptalah kerjasama UMKM diawali dengan gebrakan kegiatan perdana Sabang EXPO UKM-IKM, berlangsung di Hotel Pasifik Plaza Kota Sabang pada pertengahan bulan Desember.

Pada akhir bulan November, Danlanud MUS menggelar suatu kegiatan yang perdana di Kota Sabang bahkan yang pertama di Provinsi Aceh, dengan mengadakan DRAG BIKE dan DRAG RACE yang bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Aceh, Team Carbella Koeta Radja dan Dispora Provisi Aceh, tidak lain mempunyai suatu tujuan untuk melahirkan atlet pembalap serta untuk mewadahi pemuda-pemuda yang mempunyai hobi sport otomotif serta mengurangi aktifitas balap liar. (Jalaluddin Zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here