Beranda Bhayangkara Kisah Pilu Brigjen Pol. (Purn) Hendro Gunawan Jadi Jenderal Termiskin, Harta Dikuras...

Kisah Pilu Brigjen Pol. (Purn) Hendro Gunawan Jadi Jenderal Termiskin, Harta Dikuras Anak Angkat

76
0
Foto: Brigjen Pol. (Purn) Hendro Gunawan.

Jakarta, bhayangkarautama.com

Kisah memilukan menyelimuti kehidupan Brigjen Pol. (Purn) Hendro Gunawan yang mengaku jadi Jenderal termiskin di Indonesia. Bagaimana tidak, sesaat sebelum pensiun, dirinya tak memiliki satu aset pun.

Hartanya dikuras habis oleh seorang anak yang dia angkat saat masih berumah tangga dengan istri pertama. Ia pun kini jatuh miskin dan hidup sangat sederhana dengan istri kedua bersama anak kandungnya.

Hal tersebut diungkapnya dalam podcast kanal Youtube Uya Kuya yang berjudul “Saya Jenderal Polisi Termiskin di Indonesia”, yang tayang pada hari Selasa (15/11/2022).

Brigjen Pol. (Purn) Hendro Gunawan mengungkapkan kehidupannya berubah 180 derajat setelah mengangkat seorang anak.

Hendro Gunawan tak punya anak kandung dengan mantan istri pertama. Ia pun mengangkat seorang anak. Namun, gelagat aneh sudah tampak saat pernikahan pertamanya itu.

Hendro mengatakan, jika ada gelagat aneh di awal-awal pernikahannya yang ia klaim sang istri ingin memisahkan dengan keluarganya. Mereka mengangkat seorang anak perempuan.

Foto: Brigjen Pol. (Purn) Hendro Gunawan dan Uya Kuya.

Bagaimana bisa Hendro Gunawan mengangkat seorang anak? Sang mantan istri pertama tiba-tiba membawa seorang anak perempuan untuk diangkat selepas Hendro pulang pendidikan selama 40 hari.

“Saya pulang sekolah, tau-tau dia sudah bawa anak angkat, kata dia diberikan kepada saudara temannya yang kebetulan bapaknya di-PHK, umur kurang lebih 3 atau 5 bulanan,” ungkap Brigjen Pol (Purn) Hendro Gunawan kepada Uya Kuya dalam video tersebut.

“Inilah dosa terbesar saya pada sampai saat ini, saya tidak bisa membalas dosa saya karena saya bukan menikahkan anak kandung saya, itu yang saya sakit,” ujarnya.

“Saya sayang banget sama anak saya, tapi apa yang dibales sekarang, ternyata yang dibales air tuba, semua harta saya habis diambil dikuasai,” ungkap Hendro.

Tak tanggung-tanggung, anak angkat dan menantu polisinya malah menyebut kalau Hendro akan meninggal.

“Jadi karena telpon-telpon dengan adik saya, dia bilang walaupun kakak nanti 2020 tidak ada lagi, semua harta itu tidak bisa ke kamu karena kamu bukan anak kandung, karena ucapan itu mereka gelisah mendesak ke saya,” ujarnya.

Dengan rencana yang diklaimnya sudah diskenario, harta Hendro pun perlahan habis. Aset atas milik Hendro pun telah dibalik nama oleh anak angkat dan menantunya dengan modus jual beli. Hendro menyebutkan, tidak ada bukti kwitansi hingga uang yang masuk ke rekeningnya.

“Untuk mengambil pakaian saya aja itu saya sampai diteriaki maling sama anak pungut sama menantu di rumah dinas saya,” ungkapnya.

Upaya Hendro menggugat pun tak membuahkan hasil, sekalipun ia mendatangi Propam 2-3 bulan lalu.

Hendro kini tak menampik dirinya disebut sebagai Jenderal termiskin di Indonesia.

“Boleh dikatakan begitu (jenderal termiskin), karena pensiun saya pun sudah tidak ada, semua sudah tidak ada jadi saya harus menempuh jalur hukum dan tidak punya modal apa-apa,” ungkap Hendro.

Seluruh asetnya dikuras habis yakni 14 rumah, 14 mobil dan aset lainnya ludes oleh anak angkat dan menantu polisi.

Kini, Hendro Gunawan hidup dengan istri kedua dan anak kandungnya.

Hendro Gunawan berharap ada keadilan untuk dirinya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here