Kodim 0305 Pasaman Tertibkan Tambang Galian C Diduga Ilegal

0
272

Dandim 0305 Pasaman, Letkol. Inf. Putra Negara S.H M.HAN, perintahkan anggotanya untuk lakukan Razia secara resmi, terhadap aktifitas tambang yang terindikasi ilegal di Kabupaten Pasaman. Razia kewilayahan Kodim 0305 Pasaman, juga akan menyasar pekerjaan physik yang mengunakan material Galian C yang yang patut diduga ilegal.

Pasaman, Sumbar | Upaya penegakan hukum ini dilakukan Kodim Pasaman, atas informasi yang diterima dari masyarakat tentang adanya aktivitas tambang ilegal (ilegal meaning) di wiliyah teritorial Kodim 0305 Pasaman.

“Kita coba lakukan upaya penertiban, atas informasi yang diterima dari masyarakat,” sebut Dandim 0305 Pasaman.

Dari razia yqng dilakukan personil TNI Kodim 0305 Pasaman, pada paket pekerjaan pembukaan dan pengaspalan jalan di Simpang lll Benai Kecamatan Mapattunggul, ditemukan sejumlah truk tengah membongkar material Galian C.
Hasil investigasi Tim Razia terhadap salah seorang supir Truk, disebutkan bahwa material ini dibawanya dari Kampung Rumbio Nagari Koto Rajo Kecamatan Rao Utara.

Mendapati informasi tersebut, anggota Kodim 0305 Pasaman langsung bergerak menuju lokasi pengambilan bahan tambang Galian C di kampung Rumbio tersebut.

“Di lokasi anggota menemukan satu unit Alat Berat jenis Excavator berikut ayakan besi, termasuk sejumlah truk yang tengah mengantri muatan Galian C untuk dibawa ke lokasi proyek,” ujar Dandim Putra Negara di Lubuk Sikaping, Jumat (20/10/23).

Kita memanggil operator alat berat Excavator yang berinisial “i”, dikarenakan operator tidak bisa menunjukan surat surat resmi untuk pengambilan bahan material galian C tersebut,maka kita hentikan pekerjaan ini, karena ilegal.ucapnya

Untuk sementara, penambangan galian C yang diduga ilegal itu dihentikan aktivitasnya, karena dapat merugikan negara. (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here