Beranda Seputar Sumbar Kodim 0309/Solok Dukung Program Vaksinasi Covid-19

Kodim 0309/Solok Dukung Program Vaksinasi Covid-19

75
0
RSUD Tobelo

Solok, Sumbar

Pemerintah Indonesia masih terus mempersiapkan program vaksinasi virus Covid-19 untuk meredakan penularan Covid-19.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI menjelaskan, Jadwal Vaksinasi Covid-19 2021 akan berlangsung menjadi 4 tahapan atau periode.

Vaksinasi pertama sudah dilakukan pada Februari 2021 di wilayah Kodim 0309 Solok. Dalam vaksinasi tahap 1, tenaga kesehatan sebagai prioritas penerima vaksin. Vaksin Covid-19 ini juga diberikan pada mereka yang berusia di atas 18 tahun.

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap 1 adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes).
Untuk kelancaran pelaksanaan vaksin yang dilaksanakan di Fasyankes yang berada di wilayah Kodim 0309/Solok, banyak pihak yang dilibatkan dalam pelaksanaan vaksinasi. Dalam membantu Pemerintah Daerah, Kodim 0309/Solok ikut andil dalam memberikan pendampingan dan pengamanan pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kota Solok, Kabupaten Solok dan Solok Selatan melalui Koramil jajarannya.

Dandim 0309/Solok, Letkol Arm Reno Triambodo S.Sos., M.I.Pol., melalui Perwira Seksi Operasi (Pasiops), Kapten Arm Saparuddin mengatakan bahwa program vaksinasi covid-19 adalah upaya pemerintah dalam menangani pandemi covid-19. Babinsa Koramil jajaran Kodim 0309/Solok dilibatkan sebagai garda terdepan dalam mensosialisasikan, mengawal pendistribusian, hingga pelaksanaan vaksinasi.

“Babinsa di lapangan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak terjadi penolakan vaksinasi selama pelaksanaannya,” ucapnya.

Lanjut Pasiops mengatakan, perlunya sosialisasi secara masif kepada seluruh lapisan masyarakat mengenai vaksinasi Covid-19. “Kami juga memberi contoh dengan ikut menjadi penerima vaksin, seperti yang dilakukan Komandan Kodim 0309/Solok, Letkol Arm Reno Triambodo S.Sos., M.I Pol., bersama Forkopimda Kota Solok sebagai penerima Vaksin,” tuturnya.

Ia Juga menyampaikan, sejauh ini di wilayah Kodim 0309/Solok belum ada penolakan vaksin covid -19. “Kami juga lakukan pendampingan, pelaksanaan dan melakukan pengamanan dan melibatkan Babinsa untuk door to door,” pungkas Kapten Arm Saparuddin. (Ossie Gumanti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here