Beranda Seputar Sumbar Kodim 0309/Solok Gelar Binsiap Apwil dan Puanter Triwulan I TA. 2021

Kodim 0309/Solok Gelar Binsiap Apwil dan Puanter Triwulan I TA. 2021

44
0
RSUD Tobelo

Solok, Sumbar

Dalam rangka meningkatkan kesiapan Prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di wilayah, Kodim 0309/Solok melaksanakan kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan Dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Triwulan I TA. 2021 di Aula Kodim 0309/Solok, Jln. Ahmad Yani No. 1 Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Senin (22/03/2021).

Komandan Kodim 0309/Solok, Letkol Arm Reno Triambodo, S.Sos., M.I.Pol., melalui Kasdim 0309/Solok, Mayor Inf Hendra Bagus Arioko, membuka kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan Dan Kemampuan Teritorial Triwulan I TA. 2021 yang diikuti oleh seluruh Danramil dan perwakilan Babinsa jajaran Kodim 0309/Solok.

Dalam sambutannya Kasdim 0309/Solok menyampaikan, kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter jangan dianggap sebagai rutinitas biasa, namun yang paling penting adalah bagaimana kita mengaplikasikan di lapangan.

Kondisi di wilayah yang semakin kompleks ditambah dengan adanya Pandemi Covid-19 yang perlu mendapat perhatian dan upaya untuk mengantisipasi tantangan tersebut, Kodim 0309/Solok melaksanakan kegiatan pembinaan kesiapan Apwil dan Puanter guna meningkatkan kemampuan prajurit dalam melaksanakan tugas.
Lebih lanjut Kasdim mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar seluruh aparat Kowil menguasai pengetahuan yang terkandung dalam materi Binsiap Apwil dan Puanter serta memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas binter tingkat perorangan maupun satuan.

Kasdim menekankan kepada Danramil dan Babinsa, dalam penanganan Bencana dan Protokol kesehatan Covid-19 agar diperhatikan faktor keamanan diri sendiri, dan perbaiki yang telah menjadi bahan evaluasi untuk profesionalisme dalam pelaksanaan tugas pokok.

“Jalin lagi komunikasi sosial dengan lapisan masyarakat di wilayah binaan masing-masing Babinsa guna menunjang tugas pokoknya, agar Babinsa lebih dikenal oleh masyarakat sampai yang terkecil, karena Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD,” tegasnya.

“Saya mengingatkan agar dalam menjaga kesehatan agar selalu melaksanakan kegiatan olahraga untuk menjaga kesehatan sesuai dengan kemampuan perorangan masing-masing, dan Babinsa agar manfaatkan potensi wilayah untuk bekal dan menimba ilmunya untuk masa depan,” pungkas Mayor Inf Hendra Bagus Arioko.

Dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut dibagi menjadi dua sesi untuk menghindari kerumunan berkaitan adanya pandemi Covid-19.

Beberapa materi Pembinaan Kesiapan Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial diantaranya, Sikap Teritorial, Lima Kemampuan Teritorial, Metode Binter, dan untuk materi tambahan tentang Covid-19. (Ossie Gumanti)

Sumber : Pendim 0309/Solok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here