Beranda Seputar Sumbar Kodim 0309/Solok Gelar Latihan Teknis Teritorial

Kodim 0309/Solok Gelar Latihan Teknis Teritorial

31
0

Solok, Sumbar

Kodim 0309/Solok menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) tahun 2021 dengan melibatkan 173 anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa). Latnister dilaksanakan di Aula Makodim 0309Solok, Jl. A. Yani No. 1 Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Selasa (16/03/2020).

Menurut Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Kodim 0309/Solok, Kapten Arm Saparuddin mengatakan, bahwa kegiatan latihan akan digelar selama lima hari dengan tahapan mulai dari pelajaran teori hingga praktek di lapangan.

“Ada waktu 5 hari agar anggota yang terlibat gunakan kesempatan tersebut betul-betul mengikuti dengan penuh rasa tanggungjawab, sehingga selesai kegiatan ini ada peningkatan kemampuan dan wawasan yang akan menunjang tugas pokok di lapangan,” jelas Pasiops.
“Adapun materi yang diberikan meliputi lima kemampuan teritorial, yakni temu cepat lapor cepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, perlawanan rakyat dan komunikasi sosial serta lima sikap teritorial sehingga nantinya prajurit mampu melakukan deteksi dini terhadap sesuatu yang akan timbul serta yang berpotensi mengganggu keamanan,” ungkapnya.

Lanjut Pasiops mengatakan, dengan dilaksanakannya Latnister ini bisa lebih memantapkan dan meningkatkan kualitas Babinsa agar mampu dan profesional dalam melaksanakan tugas di lapangan saat dihadapkan pada tantangan tugas kedepan.

“Kita sampaikan kepada personil agar rajin membaca untuk menambah wawasan, kuasai wilayah tanggungjawab masing-masing, hindari tempat-tempat yang dilarang, Hindari korban sia-sia serta jumlah personil yang meninggal karena sakit sangat meningkat, untuk itu seluruh anggota agar tetap menjaga kesehatan, rajin berolahraga dan selalu mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid 19 ini,” pungkas Pasiops, Kapten Arm Saparuddin.

Latihan Teknis Teritorial (Latnister) merupakan program kerja yang telah dijadwalkan Komando Atas, dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan teknik teritorial yang tentunya sesuai dengan lima kemampuan teritorial. Setelah latihan ini diharapkan akan menghasilkan pembinaan teritorial (Binter) sesuai rencana dan dapat mencapai sasaran yang telah ditetapkan dan diharapkan oleh Komando Atas. (Ossie Gumanti)

Sumber : Pendim 0309 Solok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here