Beranda TNI Kodim 1602 Ende Gelar Ceramah Dan Sosialisasi Bagi Pelajar Generasi Muda Bangsa

Kodim 1602 Ende Gelar Ceramah Dan Sosialisasi Bagi Pelajar Generasi Muda Bangsa

48

Kodim 1602 Ende Menggelar Sosialisasi Tentang Karakter Generasi Muda Indonesia Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 Yang Berbhineka Tunggal Ika Untuk Menangkal Intoleransi Dan Radikalisme Dalam Bingkai NKRI, Kegiatan ceramah dan sosialisasi dilaksanakan di Aula SMKN 1 Ende, Senin (03/01/2020).

Ende, NTT | Turut hadir dalam kegiatan tersebut,  Kaban Kesbangpolinmas Kab. Ende, Gabriel Dala,S.Sos, Kadis Kominfo Kab. Ende, Rindo Rete Siprianus, SE, Kasat Binmas Polres Ende, AKP. Anom Triadnya,  Kepala SMKN 1 Ende, Gildus Rangga, Kepala SMKN 2 Ende, Fransisko Soares, Guru – guru SMKN 1 Ende dan Guru – guru SMKN 2 Ende serta Siswa/i SMKN 1 Ende dan Siswa/i SMKN 2 Ende.

Kasdim 1602/Ende, Mayor Inf. I Made Rastina, S.Sos, Menyampaikan tugas TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 45 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Kembangkan kembali implementasi nilai-nilai nasionalisme karena nilai-nilai nasionalisme yang kita rasakan sekarang sudah mulai memudar karena pengaruh dari globalisasi.

”Nasionalisme perlu dipahami, kita membangun kebangsaan sebagai anak bangsa perlu adanya ikatan antara bangsa, tidak membedakan suku agama ras dan golongan,” ungkapnya.

Selain itu, ditanamkannya wawasan kebangsaan terhadap generasi muda, kita berharap kehidupan bangsa ke depan akan menjadi lebih baik lagi. Apalagi dalam kehidupan era globalisasi dewasa saat ini  menuntut bangsa yang maju dan memiliki daya saing yang tinggi.

Dua sekolah ini  dulu siswanya selalu selisih paham, ada gesekan karena hal sepele, masalah perempuan, masalah almamater maka terjadilah keributan.

Semoga dengan kegiatan ini dapat mempererat hubungan dari kedua sekolah ini sehingga tidak ada saling bermusuhan dan  kepada para Babinsa agar hal ini dilaksanakan terus untuk kita tertibkan kedua sekolah ini, agar betul-betul menjaga hubungan yang harmonis.

BACA JUGA :  Ka Kwardasu Buka Persami Pramuka HUT PAB Sumut

Kepala sekolah SMKN 1 Ende, Gildus Rangga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Kodim 1602 Ende yang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi untuk anak-anak, namun yang hadir saat ini merupakan perwakilan anak-anak dari dua sekolah.

Dua sekolah ini banyak dikenal di Kabupaten Ende karena memang sekolah tertua, sekolah negeri pertama dari sini, banyak hal positif yang tentunya sudah dilaksanakan oleh kedua lembaga pendidikan ini dari dulu sampai dengan sekarang.

”Ada hal-hal yang masih terjadi di akhir-akhir ini, salah satu hal yang barangkali pada pagi hari ini menginspirasi kita bertemu bersama disini kita harapkan kondisi seperti ini berkelanjutan karena kita berprinsip bahwa NKRI harga mati dan itu dimulai dari pribadi-pribadi kita khususnya generasi muda,“ ungkapnya.

Kita berharap anak- anak dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat membina mental dan perilaku mereka dikemudian hari.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Kesbangpolinmas Kabupaten Ende, Gabriel Dala, membawakan materi tentang Peran Generasi Muda dalam Menangkal Radikalisme, Kadis Kominfo Kabupaten Ende, Siprianus Rindo Rete membawakan materi tentang Penggunaan Media Sosial secara positip, Teknik Informatika dan manfaat Iptek serta Kasat Binmas Polres Ende, AKP. AnomTriadnya membawakan materi tentang Radikalisme dan Kasdim 1602 Ende, Mayor Inf. I Made Rastina, S. Sos sendiri, Membawakan materi tentang Wawasan Kebangsaan.

Facebook Comments