Beranda DPRD Kabupaten Komisi A DPRD Karo Temui Rektor Universitas Sumatera Utara

Komisi A DPRD Karo Temui Rektor Universitas Sumatera Utara

53
0

Komisi A DPRD Karo bersama rombongan berjumlah 10 orang diterima di Rumah Dinas Rektor Jln Universitas Kampus USU Medan, Komisi A DPRD Karo ini datang dalam rangka penjajakan kerjasama antara Pemkab Karo dengan Universtas Sumatera Utara dalam hal pengembangan pendidikan, kesehatan dan alih teknologi pertanian, sekira pukul 10.00 WIB, Senin (15/06/2020).

USU siap bekerjasama dengan daerah mana pun demi membangun daerahnya masing masing karena itu sesusai dengan amanat Tri Dharma Perguruan Tinggi dan agar kerjasama dengan USU dapat lebih ditingkatkan lagi. “Prof DR Runtung Sitepu, SH, M. hum Rektor USU”

Medan, Sumatera Utara | “Suatu Kehormatan bagi USU bisa menerima kunjungan Rombongan DPRD Karo. Walaupun disaat dunia dilanda Covid-19 ini kita harus tetap bekerja dengan mematuhi protokoler kesehatan merupakan suatu kewajiban bagi USU sebagai Perguruan Tinggi Negeri untuk menerima masukan masukan dari seluruh masyarakat demi menunjang pembangunan di daerah Sumut ini,” urai Prof DR Runtung Sitepu, SH, M. hum, Rektor USU mengawali pertemuan di Rumah Dinas Rektor.

Rombongan Komisi A DPRD Karo terdiri dari Inolia br Ginting selaku Ketua komisi A, Onasis Sitepu ST. M. KeSos, Ir. Edi Ulina Ginting, Drs. Sipken Ginting, Jani Sembiring, Dody Sinuhaji, Diana Malona Matondang, Nora Else, Purnama Sagala serta Herty Delima Purba.

Ketua Komisi A DPRD Karo, Inolia Ginting mengatakan bahwa besar harapan DPRD Karo Dan Pemerintah Kab. Karo Kepada USU selaku perguruan tinggi negeri untuk bisa bekerjasama membantu berbagai permasalahan didaerah yang kaya akan sumber alam.

Karena Kabupaten Karo sedang membutuhkan banyak tenaga ahli pertanian, peternakan serta  Pemasaran hasil Pertanian yang membutuhkan dukungan sumberdaya optimal. Mengingat Kabupaten Karo mayoritas hidup dari hasil pertanian yang perlu pengembangan.

Sementara itu, Ir Edi Ulina Ginting dalam kunjungan tersebut juga mengharapkan adanya kerjasama antara pemerintah kabupaten Karo dengan Universitas Sumatera Utara dalam penyelenggaraan peningkatan dan pengembangan kompetensi sumberdaya manusia, pengembangan sektor pertanian, serta ekonomi, sosial budaya masyarakat di kabupaten karo.

Menurutnya perguruan tinggi merupakan lembaga yang sangat strategis dalam mendorong percepatan pembangunan suatu daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Edi melanjutkan “dengan sejumlah keunggulan yang dimiliki Universitas Sumatera Utara, seperti sumberdaya manusia, perangkat kelembagaan, serta kemampuan untuk melakukan riset dan kajian, maka wujud eksistensi dari peran perguruan tinggi merupakan salah satu agen pembangunan yang ada di daerah dan hususnya untuk masyarakat Kabupaten Karo. Dengan adanya kerja sama antara Pemerntah kabupaten Karo dengan Universitas Sumatera Utara,” ujarnya.

“Saya meyakini akan banyak dihasilkan pengetahuan baru sehingga mampu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kita mengharapkan kerja sama ini agar dapat diwujudkan segera agar dapat memberikan percepatan kemajuan bagi daerah dan bagi USU sendiri,” katanya.

Disaat bersamaan, Onasis Sitepu juga berharap, “dalam bidang pendidikan terutama USU dapat membantu para mahasiswa, calon Mahasiswa dari Kabupaten Karo dari kuota penerimaan serta dapat menerima ASN yang berprestasi dan potensial agar nantinya dapat diberikan beasiswa untuk mengikuti pendidikan sesuai dengan jenjangnya agar kwalitas SDM PNS di Kabupaten Karo dapat di tingkatkan untuk mendukung rencana tersebut kami akan berkordinasi Dengan Pemkab Karo,” ujarnya.

Prof DR Runtung Sitepu SH ditemui seusai acara kunjungan mengatakan bahwa sudah menjadi peran dan fungsi USU untuk membantu Penerapan dalam bidang Pendidikan, Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat khususnya daerah yang ada di Provinsi Sumut ini.

“USU siap bekerjasama dengan daerah mana pun demi membangun daerahnya masing masing karena itu sesusai dengan amanat Tri Dharma Perguruan Tinggi dan agar kerjasama dengan USU dapat lebih ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Diakhir kunjungan, Prof Runtung Sitepu menyerahkan 300 Rapid Test Kit untuk digunakan dalam pencegahan covid-19 Di Kabupaten Karo. Bantuan tersebut diterima langsung oleh ketua komisi A DPRD Karo, Inolia br Ginting didampingi anggota komisi A lainnya.

Inolia mengucapkan terimakasih atas masukan dan bantuannya. Bantuan ini akan diserahkan langsung kepada Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH MH untuk dapat dipergunakan untuk  mencegah dan memutus mata rantai pandemi Covid 19 di Kabupaten Karo. (Erwin Perangin-angin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here