Beranda Daerah Komisi Perlindungan Anak Dan Ibu (KPAI) Kabupaten Purwakarta Minta Polisi Usut Tuntas...

Komisi Perlindungan Anak Dan Ibu (KPAI) Kabupaten Purwakarta Minta Polisi Usut Tuntas Kasus Eksploitasi Anak Tertimpa Runtuhan Gapura

279
0
RSUD Tobelo

Purwakarta, Jabar

Proyek Peningkatan/Pembangunan/Rehabilitasi Jalan Lingkungan Perkotaan, yang memakan korban jiwa anak di bawah umur, tertimpa runtuhan tugu gapura di lokasi proyek di depan Perum BJI, Kelurahan Munjul Jaya, Kecamatan Purwakarta, agar diusut tuntas.

Proyek yang dilaksanakan CV. Dalan Laju Entosa, dengan pagu anggaran sebesar Rp 555.277.000, dengan Nomor SPMK : 620/4.J.05/PPK/SPMK-Perkim/IX/2020, pada Rabu yang lalu (4/11/2020), sekitar pukul 09.10 Wib, saat pekerja melakukan penggalian saluran yang tepat berada dibawah sebuah bangunan Gapura, rubuh dan menimpa seorang pekerja di bawah umur. Korban, Asep Apriana (13), warga Kp. Pamengpeuk RT. 07/02 Desa Wanasari, Kec. Wanayasa, tewas di tempat.

Menurut keterangan warga di lokasi kejadian, pada saat kejadian warga sedang melaksanakan operasi Protokol Kesehatan di gerbang masuk Perum BJI, jadi tahu persis korban ikut bekerja bersama orangtuanya, Aris (49), pada proyek yang dimandori Dayat, kakek korban.

Menurut Dandi K. SH, Komisioner KPAI Kabupaten Purwakarta, Undang-undang Perlindungan Anak, Pasal 76 i UU No. 35/2014 tentang perlindungan anak, berbunyi “Setiap orang dilarang menempatkan membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan eksploitasi secara ekonomi terhadap Anak”.

Kemudian dalam Pasal 59 ayat 1 berbunyi “Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan lembaga negara lainnya berkewajiban dan bertanggungjawab untuk memberikan Perlindungan Khusus kepada Anak”.KPAI Kabupaten Purwakarta menyerahkan sepenuhnya kasus tersebut kepada pihak Kepolisian, demi penegakan Undang-undang Perlindungan Anak. “Penyidik pasti berpedoman kepada semboyan Polri, “Promoter” harus dijalankan”, ujar Dandi. 

Sampai berita ini naik ke meja redaksi, pihak penyidik masih dalam proses pemeriksaan saksi-saksi,baik dari pihak Kontraktor, maupun dari Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta. (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here