Beranda Daerah Komite SMAN 5 Bantah Terkait Pemberitaan Adanya Dugaan Pungli Berdalih Sumbangan Pendidikan

Komite SMAN 5 Bantah Terkait Pemberitaan Adanya Dugaan Pungli Berdalih Sumbangan Pendidikan

46
0

Sukabumi, Jabar

Mengacu kepada Permendikbud No 75 tahun 2016 untuk tingkat SMA/SMK, komite sekolah boleh melakukan penggalangan dana berupa sumbangan kepada peserta didik/orang tua/wali, yang bersifat secara sukarela, tidak mengikat satuan pendidikan dengan syarat yang disepakati para pihak.

“Adapun dana yang sudah terkumpul digunakan untuk kepentingan kebutuhan sekolah, karena Bantuan Operasional Sekolah bersumber dari BOSDA tidak mencukupi,” sanggah Komite SMAN 5 Sukabumi yang tidak bersedia dipublish namanya, Selasa (29/3/2022).

Sedangkan Permendikbud No. 60 tahun 2011 diterapkan untuk jenjang SD /SMP, menegaskan pihak sekolah tidak diperbolehkan melakukan penggalangan dana/sumbangan dalam bentuk apapun.

“Dan mutlak tidak diperbolehkan melakukan pungutan atau sumbangan dalam bentuk apapun,” terangya.

Lanjut Komite, adapun terkait nilai uang yang tertera dalam kwitansi sebagai tanda bukti bahwa kami telah menerima sumbangan berbentuk uang.

“Karena atas dasar hasil musyawarah, maka kami melampirkan sumbangan sesuai dengan jumlah yang diterima dalam kwitansi sebagai tanda bukti dengan ditandatangani oleh komite sekolah disertai stempel,” tandasnya. (Ludy/Heri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here