Beranda Seputar Sumbar Korban Tertimbun Longsor Akibat Gempa Di Pasaman Kembali Ditemukan

Korban Tertimbun Longsor Akibat Gempa Di Pasaman Kembali Ditemukan

37
0

Pasaman, Sumbar

Tim gabungan kembali menemukan jenazah korban tertimbun material longsor di Jorong Guguk, Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat (Sumbar), Rabu (2/3/2022). Korban diketahui berjenis kelamin laki-laki.

Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Padang, Okta mengatakan, jenazah korban berhasil dievakuasi sekitar pukul 10.06 WIB. Proses evakuasi penggalian tanah berlangsung selama tiga jam.

“Korban berhasil dievakuasi sekitar tiga jam dan telah dibawa ke Puskesmas Ladang Panjang untuk identifikasi identitas korban,” kata Octa, Rabu (2/3/2022).

Ia menyebutkan, kondisi tanah liat yang tebal menyulitkan tim gabungan mengevakuasi korban. Apalagi, proses evakuasi mengunakan alat manual seperti cangkul dan tangan.

“Kondisi tanah liat yang pekat cukup menghambat evakuasi. Tim gabungan hanya manual mengunakan tangan dan cangkul,” jelasnya.

Penemuan jenazah korban kedua dari bencana longsor akibat gempa ini berjarak sekitar 300 meter dari penemuan korban pertama sebelumnya. Korban tertimbun kurang lebih sedalam tiga meter.

Octa mengungkapkan, korban berhasil ditemukan berawal dari cara manual yang dilakukan warga, yakni menancapkan kayu ke dalam tanah. Setelah kayu diangkat, ternyata berbau tidak sedap.

“Kemudian menusuk lagi dengan kayu lagi, dibiarkan lalu dikerumuni lalat. Asumsi ada korban di sana, ternyata benar, digali dan gali ditemukan telapak kaki korban,” tuturnya.

Seperti diketahui, total korban yang tertimbun dilaporkan sebanyak enam orang, dua telah ditemukan dengan kondisi meninggal dunia.

Untuk saat ini, tim gabungan terus melakukan pencarian terhadap empat korban lainnya. (AAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here