KPS FSH UIN Ar- Raniry Sukses Melaksanakan Diklat Juris Muda Angkatan VII 2023

0
92
Foto: Para peserta Diklat Juris Muda foto bersama pemateri.

Dengan mengusung tema “Merintis Masa Depan Cakap Hukum Dengan Membangun Semangat Militansi Juris Muda dan Resilensi Hukum yang Berkualitas dan Berkompetisi” Komunitas Peradilan Semu (KPS) FSH Ar-Raniry sukses melaksanakan Diklat Juris Muda Angkatan VII Tahun 2023.

Banda Aceh, NAD | Kegiatan Diklat Juris Muda ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang, Hukum bagi Juris Muda KPS dimana kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari di gedung Dinas Koperasi dan UMKM, Sabtu dan minggu (21-22/10/2023).

Pelaksanaan Juris Muda ini diawali dengan pembukaan formal pada hari sabtu pagi,
dengan diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan kemudian dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh Syah Rijal Aptiwan.

Dalam laporannya, Ketua Panitia menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu untuk menyukseskan acara Diklat tersebut, yang mana peserta yang mengikuti Diklat ini berjumlah 100 orang Juris Muda terdiri dari 6 jurusan yang ada di Fakultas.

Selanjutnya dilanjutkan disampaikan kata sambutan dan sekaligus pembukaan acara Diklat Juris Muda oleh ketua umum KPS oleh Nyak Faridan.

Nyak Faridan mengingatkan kepada Juris Muda, untuk serius mengikuti acara Diklat ini karena acaranya merupakan sebuah pembekalan yang sangat berarti bagi Juris Muda dan dia juga berpesan, semoga dengan dilaksanakan Diklat ini para Juris Muda mengerti bagaimana sistem beracara di pengadilan dan sistem hukum yang ada di Indonesia., kata Nyak Faridan.

Setelah berakhirnya acara formal maka dilanjutkan dengan pemaparan dari para pemateri dimana pemateri pertama diisi oleh Selamat Ariga, S.H., M.H yang menjelaskan tentang cara manajemen waktu dan juga memberikan motivator kepada Juris Muda semuanya.

Kemudian pada siang hari dilanjutkan dengan pemateri dari Akhyar Saputra, S.HI., S.H., yang menjelaskan tentang pengacara. Kemudian dilanjutkan dengan pemateri ke 3 yaitu Bahrul Ulum, S.H., M.H., C.M., CPCLE., yang menjelaskan tentang mediator.

Kemudian dilanjutkan dengan hari ke dua (Minggu, 22/10/2023). Yaitu pemateri ke 4 oleh Hakim Tinggi buk Ainal Mardhiah, S.H., M.H., yang menjelaskan tentang Kehakiman, setelah itu dilanjutkan dengan pemateri ke 5 dari pak Dr. Sahdansyah Putera Jaya, S.H., M.H., CGCAE., yang merupakan jaksa utama pratama dimana ia menjelaskan, tentang kejaksaan.dan di siang hari dilanjutkan lagi dengan pemateri yg ke 6 oleh bang Hasrizal, S. H., S. E., MKn yang merupakan kepala penghubung komisial aceh dimana dia menjelaskan tentang peran-peran dari komisi yudisial. Dan disore hari dilanjutkan dengan pemateri terakhir dari pak Miswardi., S. H., M. H yang merupakan penyidik dan dia menjelaskan tentang tugas dan peran dari pada penyidik.

Setelah pemateri yang terakhir maka dilanjutkan dengan penutupan acara diklat juris muda angkatan VII dimana acara penutupan diklat juris muda ketua umum KPS berpesan kepada juris muda semoga apa yang sudah dipelajari selama 2 hari ini bisa menjadi awal buat juris untuk mengenal lebih dalam tentang bagaimana cara beracara di pengadilan dan juga dia berpesan jika nanti juris- juris muda menjadi penegak hukum maka jadilah penegak hukum yang berintegritas tinggi, dan kemudian dilanjutkan dengan penutupan acara diklat juris muda angkatan VII oleh demisioner KPS yaitu abangda Farhan rizieq Alwi dan dalam penyampaian nya iya berpesan bahwasanya Juris Muda nanti nya bisa melanjutkan estafet-estafet kepengurusan KPS kedepannya dan cita-cita dari pada KPS seperti apa yang telah diperjuangkan dan dicita – citakan oleh para senior sebelumnya.

“Akhir kata kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat menyukseskan acara diklat juris muda angkatan VII ini terkhusus bagi Keluarga besar komunitas peradilan semu,” tutupnya. (Jalaluddin Zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here