Beranda Daerah L-KPK Dan Lembaga BPI Pertanyakan Sistem Pengelolaan Pasar (Kalangan) Desa Seleman Ulu...

L-KPK Dan Lembaga BPI Pertanyakan Sistem Pengelolaan Pasar (Kalangan) Desa Seleman Ulu Dan Lesung Batu

69
0

Empat Lawang, Sumsel

Setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Empat Lawang terdapat pasar (kalangan) yang berada di beberapa desa, yang mana kalangan tersebut terdapat beberapa pedagang di setiap Kecamatan bahkan dari luar Kabupaten/Kota.

Namun sistemnya kurang jelas, pengelolanya bagaimana. Apa dikelola oleh pemerintah daerah melalui dinas terkait, apa dikelola oleh desa melalui BumDes atau malah dikelola oleh pemerintah desa khususnya di Desa Seleman Ulu, Kecamatan Muara Pinang dan Desa Lesung Batu, Kecamatan Lintang Kanan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Yulizar selaku Ketua Lembaga KPK yang didampingi oleh Voni Gonzales Ketua Lembaga BPI. “Kami selaku lembaga mempertanyakan sistem pengelolaan pasar (kalangan) yang berada di beberapa desa di Kecamatan, apa dikelola oleh pemerintah daerah melalui Dinas terkait, apa dikelola oleh BumDes atau dikelola langsung oleh Kepala Desa. Kebanyakan diduga dikelola langsung oleh pemerintah desa,” ujarnya, Selasa (15/3/2022).

Ditambahkan Vony Gonzales, hasil dari kontribusi (sewa kios dan lapak) para pedagang disetorkan kemana, pihaknya selaku Lembaga BPI dan Lembaga KPK berharap pihak Inspektorat atau dinas terkait agar bertindak tegas dalam menertibkan sistem pengelolaan pasar (kalangan) yang ada di beberapa desa yang dikelola langsung oleh pemerintah desa.

“Karena itu adalah aset desa, sudah tentu ada keuntungan dari masyarakat desa setempat dan apa keuntungan yang sudah dinikmati oleh masyarakat selama ini, sudah tentu belum dinikmati karena selama ini dan sampai sekarang kalangan di setiap desa dikelola langsung oleh pemerintah desa,” ucap dia. (Sandri, SE.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here