Beranda Daerah Lembaga KPK Akan Laporkan Dugaan Korupsi Dana Desa Di Paiker

Lembaga KPK Akan Laporkan Dugaan Korupsi Dana Desa Di Paiker

154
0

Empat Lawang, Sumsel

Oknum Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) akan dilaporkan ke aparat penegak hukum (APH) dan instansi terkait oleh Ketua Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi (L-KPK) Empat Lawang yang didampingi oleh anggota Satgas Intel dan Investigasi L-KPK Provinsi Sumatera Selatan, karena diduga melakukan tindak pidana korupsi anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2019 dan 2020.

“Secepatnya, laporan akan segera dikirim kepada aparat penegak hukum di Empat Lawang,” kata Yulizar Ketua Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi, di kediamannya, Selasa (4/1/2022).

Dia juga mengungkapkan, oknum Kades di Kecamatan Pasemah Air Keruh diduga menyelewengkan Dana Desa tahun 2019 dan 2020.

“Kita sudah mempelajari berkas yang dilengkapi dengan data yang kuat, untuk memperkuat dugaan korupsi yang sudah dilakukan oleh beberapa oknum kepala desa tersebut dan kita akan turun ke lapangan, untuk mengumpulkan bahan dan keterangan (Pulbaket) terkait penyelewengan DD tahun 2019 dan 2020,” pungkasnya.

Terkait penggunaan dana yang diduga terjadi penyimpangan, antara lain Penyelenggaraan pos kesehatan desa atau Polindes milik desa (Insentif kader dan pengadaan obat), Penyelenggaraan posyandu (makanan tambahan, kelas bumil, lansia, insentif), Penguatan dan peningkatan kapasitas tenaga keamanan atau ketertiban oleh Pemdes, Pembinaan lembaga adat, Pembinaan LKMD/LPM/LPMD, Dukungan pendidikan bagi siswa miskin/berprestasi, Penanganan keadaan darurat, Pemeliharaan usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi, Bantuan keuangan APBD Provinsi (BanGub).

“Kita sudah siap dan segera akan melaporkan beberapa oknum kepala desa di Kecamatan Pasemah Air Keruh. Dan akan terus mengawal proses hukum yang ditegakkan, setelah penyerahan berkas yang akan memperkuat dugaan korupsi tersebut,” tutupnya. (Sandri, SE.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here