Beranda Pendidikan Mahasiswa UNRI Serahkan Data Peta UMKM Nagari Cupak

Mahasiswa UNRI Serahkan Data Peta UMKM Nagari Cupak

78
0
unri
Selamat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Ke -151

Meskipun di masa pandemi, Universitas Riau (UNRI) tetap melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Salah satu desa yang dijadikan tempat kegiatan Kukerta adalah Nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Cupak | Kab. Solok, Nagari Cupak merupakan daerah yang ramai, dari segi perekonomian Nagari Cupak juga merupakan salah satu yang terbesar di Kabupaten Solok. Fungsi UMKM inilah yang menjadi acuan program kerja dari Mahasiswa Kukerta UNRI ini, yaitu melakukan pendataan dan pembuataan peta UMKM produksi rumahan Nagari Cupak.

Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan mendatangi setiap UMKM produksi rumahan yang ada di Nagari Cupak satu per satu sehingga didapatkan titik koordinat lokasi UMKM tersebut. Dalam melakukan pendataan UMKM produksi rumahan masyarakat, proses yang lakukan adalah survei lokasi UMKM serta berbincang-bincang dengan pemilik UMKM dengan menanyakan tahun berdiri usaha, SDM yang diperlukan, pemasaran dan lain sebagainya.

unri

Mahasiswa Kukerta UNRI Nagari Cupak mengumpulkan total 33 UMKM produksi rumahan masyarakat yang tersebar di 9 Jorong yang ada di Nagari Cupak yang dimulai dari tanggal 13 s/d 17 juli 2021 dengan melakukan survei ke Jorong Panyalai dengan mendapatkan 4 jenis UMKM produksi rumahan masyarakat.

Di hari kedua melanjutkan survei  ke Jorong Sungai Rotan dengan meninjau lokasi UMKM masyarakat sebanyak 3 jenis UMKM produksi rumahan. Dihari selanjutnya tim Kukerta UNRI melakukan survei ke Jorong Balai Pandan dan Jorong Aia Angek Sonsang dengan total 8 jenis UMKM produksi rumahan yang terdiri dari 4 jenis UMKM produksi rumahan di Jorong Balai Pandan dan 4 jenis UMKM produksi rumahan di Jorong Aia Angek Sonsang.

Di hari berikutnya Jorong Pasar Usang dan Jorong Tangah Padang dengan total 8 jenis UMKM produksi rumahan, yakni 5 jenis UMKM produksi rumahan di Jorong Pasar Usang dan 3 jenis UMKM produksi rumahan di Jorong Tangah Padang. Dan di hari terakhir mahasiswa Kukerta UNRI melanjutkan survei ke Jorong Balai Tangah , Jorong Pasar Baru dan Jorong  Sawah Taluak dengan total 7 jenis UMKM produksi rumahan terdiri 1 jenis UMKM produksi rumahan  di Jorong Balai Tangah dan 6 jenis UMKM produksi rumahan di Jorong Pasar Baru.

Mahasiswa Kukerta UNRI Nagari Cupak melakukan penyerahan peta UMKM produksi rumahan ke pihak nagari yang diterima langsung oleh Wali Nagari Cupak, Fatmi Bahar Dt. Tuo beserta jajaran, Senin (26/07/2021).

unri

Penyerahan peta UMKM produksi rumahan oleh Mahasiswa KUKERTA UNRI Nagari Cupak bersamaan dengan penyerahan data UMKM produksi rumahan yang telah dikumpulkan mahasiswa KUKERTA. Tujuan pengumpulan data UMKM produksi rumahan ini ialah untuk membantu Nagari dalam pendataan UMKM produksi rumahan yang berada di Nagari Cupak serta membantu UMKM masyarakat untuk dapat terdata di kantor wali nagari, agar jika ada bantuan dana sosial dapat tersalurkan kepada masyarakat  yang memiliki UMKM produksi rumahan.

Kukerta Balek Kampung Universitas Riau Nagari Cupak, Instagram : @kkn.cupak2021, Youtube : Kukerta UNRI Desa Cupak 2021, Email: kukertaunricupak2021@gmail.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here