Beranda Daerah Masyarakat Dari Enam Desa Desak Pemkab Ende Bangun Puskesmas Untuk Wilayah Mereka

Masyarakat Dari Enam Desa Desak Pemkab Ende Bangun Puskesmas Untuk Wilayah Mereka

145
0

Masyarakat dari enam Desa di Kecamatan Ende, Mendesak Pemerintah Kabupaten Ende untuk segera membangun Puskesmas di wilayah Kilometer 15, Sehingga dapat melayani Masyarakat dari enam Desa yakni, Desa Tenda Mbonggi, Tina Bani, Tomberabu Tomberabu II,Tomberabu III Desa Persiapan dan Desa Rabu Ria.

Ende, NTT | Permintaan warga dari enam Desa tersebut, dibenarkan Kepala Desa Tinabani, Hendrikus Ngati kepada media ini, Selasa (11/02/2020) di Ende.

Pihaknya mengatakan persoalan yang dialami enam Desa saat ini, belum adanya Puskesmas atau tempat pelayanan kesehatan masyarakat yang mudah dijangkau. Sewaktu ada yang mau bersalin masyarakat harus melewati Kota Ende untuk mengambil surat rujukan di Puskesmas Ndetundora, Pada hal warga harus melintasi Puskesmas Rewarangga, RSUD Ende, Puskemas Kota Ratu baru Ke Ndetundora.

“Hal ini sangat tidak masuk diakal, karena Itu kami dari enam Desa di wilayah Timur Kecamatan Ende mendesak Pemerintah Kabupaten Ende dan DPRD Ende segera bangun Puskesmas di wilayah seputaran Tomberabu” ungkap Hendrikus Ngati.

Anggota DPRD Ende, Ambrosius Rewa

Dalam kegiatan Reses DPRD Ende, Ambrosius Rewa,  “Di enam Desa di Wilayah Bagian Timur Kecamatan Ende, Kabupaten Ende, Persoalan ini sering diusulkan oleh warga, namun belum ada jawaban dari Pemerintah Kabupaten Ende,” demikian disampaikan Anggota DPRD Ende, Ambrosius Rewa, kepada awak media di gedung DPRD Ende.

Menurutnya, Permintaan warga agar segera membangun Puskesmas di Km 15, Salah satu wilayah yang dapat mengakomodir pelayanan kesehatan bagi masyarakat di enam Desa di Kecamatan Ende tersebut.

“Selama ini warga dari enam desa, harus melewati Puskesmas Rewarangga dan RSU di Kota Ende baru menuju Puskesmas Ndetundora di Nuabosi. Masyarakat kesulitan mendapatkan surat rujukan ke RSUD Ende apa lagi mau berobat ataupun pelayanan kesehatan bagi ibu yang mau bersalin,” ungkap Ambrosius Rewa.

Kadis Kesehatan Kabupaten Ende, Muna Fatma

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Ende, Muna Fatma,  kepada media ini dikantor Bupati Ende saat ditanya wartawan terkait dengan keluhan warga masyarakat dari enam Desa tersebut mengatakan, “Untuk wilayah Kecamatan Ende memang sudah memiliki dua Puskesmas yakni, Puskesmas Riaraja dan Puskesmas Ndetundora, namun dilihat dari kondisi geografisnya memang mereka sangat membutuhkan Puskesmas sendiri untuk melayani mereka. Karena jangkauan dari wilayah Desa Tinabani dan sekitarnya ke Puskesmas Riaraja dan Puskesmas Ndetundora cukup jauh,” ungkapnya.

“Pihaknya bisa mengakomodir permintaan warga masyarakat dari enam Desa tersebut, asalkan lahan untuk pembangunan Puskesmas tersebut tersedia dan anggaran juga tersedia,” ungkap, Kadis Kesehatan Muna Fatma.

Selain warga masyarakat dari enam Desa tersebut keluhkan soal pelayanan  kesehatan, mereka  juga keluhkan soal fasilitas pendidikan serta jalan alternatif yang menghubungkan antar Desa dalam Kecamatan Ende dan juga jalan antar kecamatan yang menghubungkan Wilayah Kecamatan Ende dengan Kecamatan Detusoko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here