Beranda Daerah Masyarakat Serbu Posko Vaksin Maritim TNI-AL Lanal Sabang Di Gampong Kuta

Masyarakat Serbu Posko Vaksin Maritim TNI-AL Lanal Sabang Di Gampong Kuta

38
0
Selamat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Ke -151

Sabang, NAD

Masyarakat Gampong Kuta Timu, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang serbu posko Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim yang digelar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) Lanal Sabang, Rabu (14/07/2021).

Pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim yang kesekian kalinya digelar Lanal Sabang dan kali ini digelar di Jurong Deudap, Gampong  Kuta Timu, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Vaksinasi tersebut kerjasama TNI-AL Lanal Sabang, Kodim 0112/Sabang, Dinas Kesehatan Kota Sabang dan Perangkat Gampong Kuta Timu.

Pelaksanaan Vaksinasi tersebut berdasarkan arahan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dan Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K., S.E., M.M., untuk menggalakkan kembali program “Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim” bekerjasama dengan instansi terkait, dengan daerah sasaran Pelabuhan Penyeberangan terhadap para Penumpang kapal dan pegawai, TKBM dll, Pelabuhan Perintis dengan sasaran Penumpang kapal, Pelabuhan perikanan, Kampung nelayan KBN (Kampung Bahari Nasional),  Masyarakat pesisir dan Kepulauan yang tidak terjangkau.

Disela-sela peninjauan langsung vaksinasi masyarakat Gampong Kuta Timu, Komandan Lanal Sabang, Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., bersama Komandan Kodim 0112 Sabang, Letkol Czi. Istiyarto S.T., menyelengarakan Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim di Jurong Deudap, Gampong Kuta Timu Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang bagi masyarakat nelayan setempat dengan target dan sasaran 300 orang. 

Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., menyampaikan bahwa selama ini dari unsur TNI-Polri sudah melaksanakan serbuan Vaksinasi untuk seluruh unsur masyarakat sampai dengan door to door untuk menggalang masyarakat, agar bersedia melaksanakan Vaksinasi massal dengan menggerakan Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga dan Bhabinkamtibmas bekerja sama dengan intansi terkait saling mendukung dalam memecahkan masalah pencegahan, penyebaran dan program Vaksinasi Nasional.

“Vaksinator dari TNI AL personil Rumkital J.Lilipory Sabang 12 personil dan dari Satrad 233 Sabang 2 personil. Vaksin yang digunakan adalah Sinovac dari Kementerian Kesehatan. Dari Pemerintah untuk kegiatan Vaksinasi Massal di seluruh Indonesia ini difasilitasi gratis, bertujuan untuk memutus rantai penyebaran dan menurunkan angka kematian akibat Covid-19, mengurangi transmisi/penularannya, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh serta menjaga kekebalan tubuh,” kata Danlanal.

Kolonel Ardi menambahkan, pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim yang digelar oleh Lanal Sabang, pada hari ini menjadi hari yang ke sembilan kali dilaksanakan dan kegiatannya terus akan dilakukan sampai seluruh masyarakat Sabang tervaksinasi. Pada hari masyarakat Gampong Kuta Timu, sangat bersemangat melakukan vaksinasi diri, dengan mendatangi posko yang disediakan petugas Lanal.

Program vaksinasi ini merupakan arahan dari Bapak Presiden Republik Indonesia sebagai program Serbuan Vaksinasi Nasional dengan target satu juta vaksin. Dan pada hari ini terlihat antusias masyarakat begitu tinggi tidak seperti sebelumnya dimana masyarakat termakan dengan isu-isu hoax tentang vaksin.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada perangkat Gampong Kuta Timu dan masyarakatnya, atas kerjasama yang begitu baik dan berbondong-bondong datang ke lokasi vaksinasi. Bahkan, target awal kita 200 orang kini kehadiran masyarakat terus bertambah, sehingga kami harus meminta dosis vaksin ke Dinas Kesehatan Kota Sabang,” jelas Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M.

Sementara itu, Komandan Kodim 0112/Sabang Letkol Czi Istiyarto, S.T., mengatakan, TNI tetap solid dan bersinergi dalam menjalankan tugas-tugas yang diembankan negara, salah satunya adalah melayani masyarakat untuk divaksin guna menjaga kesehatan bangsa.

“TNI itu tidak pernah lelah dalam menjalankan tugasnya memberi yang terbaik bagi negara dan bangsa, salah satunya adalah menjalankan tugas melayani masyarakat,” ujar Dandim.

Sementara Keuchik Gampong Kuta Timu, Muhammad mengapresiasi langkah yang diambil TNI dengan cara door to door untuk mengajak dan sekaligus memvaksinasi masyarakat.

Hadir pada kegiatan Vaksinasi tersebut antara lain Danlanal Sabang, Dandim 0112/Sabang, Kapolres Sabang, Keuchik Gampong Kuta Timu, Imam Masjid Baiturrahim dan para perwira Lanal serta personil Lanal, Kodim dan Lanud. (Jalaluddin Zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here