Beranda Pendidikan Matildis Mensi Tiwe : “Belajar Itu Tidak Mesti Disekolah, Dimana Saja Kita...

Matildis Mensi Tiwe : “Belajar Itu Tidak Mesti Disekolah, Dimana Saja Kita Dapat Belajar”

569
0
RSUD Tobelo

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Matildis Mensi Tiwe, memberikan apresiasi kepada semua guru yang mendampingi anak belajar dirumah di era new normal atau Pandemi Covid – 19 saat ini.

“Kehadiran guru mengajar dari rumah ke rumah tentu memberi semangat yang luar biasa kepada peserta didik dan orangtua. Untuk itu ia meminta orangtua agar berperan aktif mendampingi anak belajar di rumah selama pandemi,” – Kadis Dikbud Kabupaten Ende, Matildis Mensi Tiwe –

HUT Bahayangkara
Maltildis Mensi Tiwe – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende

Ende, NTT |BU| Wabah Dunia dan penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Tanah Air membuat proses belajar mengajar di sekolah dihentikan dan diganti dengan belajar online atau belajar dirumah. Namun sistem belajar daring ini tidak bisa dilakukan secara merata. Selain ada siswa-siswi yang tidak terbiasa belajar daring, keterbatasan fasilitas seperti handphone, laptop, signal, listrik untuk akses internet dan siaran televisi menjadi kendala utama.

Para guru menerapkan dua sistem belajar sekaligus yakni daring dan mengajar dari rumah ke rumah. Aktivitas para guru mengajar dari rumah ke rumah mendapat perhatian dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Maltildis Mensi Tiwe.

Mensi katakan, fasilitas, infrastruktur di Kabupaten Ende sehubungan dengan penerapan belajar daring memang sangat variatif.

“Ketika saya melakukan monitoring dan saya temukan mereka mengajar dari rumah ke rumah, terima kasih dan apresiasi untuk para guru,” ungkap, Mensi Tiwe saat diwawancarai di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Menurutnya peran guru tidak tergantikan oleh alat apapun dalam mendidik siswa-siswi apalagi soal pembentukan karakter peserta didik.

“Kita sedang ada dalam situasi pandemi, makanya aktivitas belajar mengajar di sekolah dihentikan,” ungkapnya.

Mensi juag mengatakan, “Kehadiran guru mengajar dari rumah ke rumah tentu memberi semangat yang luar biasa kepada peserta didik dan orangtua. Untuk itu ia meminta orangtua agar berperan aktif mendampingi anak belajar di rumah selama pandemi,” imbuhnya.

“Belajar itu tidak mesti disekolah. Belajar itu baik dirumah dimana saja kita bisa belajar,” ungkap Kadis Dikbud Kabupaten Ende, Matildis Mensi Tiwe. (Damianus Manans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here