Beranda Daerah Mendagri Setujui Pemekaran Kecamatan Kota Sabang

Mendagri Setujui Pemekaran Kecamatan Kota Sabang

349
0
RSUD Tobelo

Sabang, Aceh

Pemekaran Kecamatan baru yang diberi nama Kecamatan Suka Makmue, Kota Sabang, telah disetujui Menteri Dalam Negeri (Mendagri), H. Tito Karnavian. Demikian disampaikan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan (BAK) Kemendagri Republik Indonesia, Dr. Safrizal ZA, M.Si. kepada awak media, Rabu (04/11/2020).

Dr Safrizal menjelaskan, pihaknya sudah mengirim surat Nomor : 138.2/3007/BAK tanggal 15 Oktober 2020 kepada Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, tentang pemekaran ibu kota Kecamatan baru di Kota Sabang. Bahkan, surat tersebut selain dikirimkan kepada Plt. Gubernur Aceh, juga ditembuskan kepada Walikota Sabang dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Sabang.

Isi surat perihal pembentukan pemekaran Kecamatan baru yang diberi nama Kecamatan Suka Makmue di Kota Sabang. Surat tersebut ditandatangani oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) BAK Dr. Safrizal, ZA, M.Si.

Pengiriman surat ke Plt. Gubernur Aceh tersebut sebagai balasan jawaban atas surat Gubernur Aceh yang dikirim sebelumnya, bernomor 138/10213, tanggal 20 Juli 2020 lalu, menyangkut usulan terhadap pembentukan pemekaran Kecamatan Suka Makmue, di Kota Sabang.

“Jadi, surat ini balasan untuk menjawab surat Nomor : 138.3/16108, tanggal 25 September 2019 silam, terkait permohonan rekomendasi tentang usulan pembentukan pemekaran Kecamatan Suka Makmue Kota Sabang”., terangnya lagi.

Dirinya sebagai Dirjen BAK Kemendagri, diminta untuk menjawab beberapa hal penting, terkait pembentukan dan pemekaran Kecamatan baru, antara lain harus memenuhi persyaratan pembentukan kecamatan itu sendiri. Sesuai yang diatur dalam perundang-undangan yang berlaku, sehingga dalam prosesnya berjalan dengan baik.

Kemudian juga dalam surat itu disebutkan, persetujuan pembentukan pemekaran Kecamatan dapat menjadi sebagai dasar pemberian Nomor Register Qanun oleh pemerintah Aceh, sebagai wakil pemerintah pusat di daerah.

Penetapan rancangan Qanun oleh Pemerintah Kota Sabang perlu segera diselesaikan dan apabila Qanun dimaksud sudah di Undang-Undangkan, maka pihak Kemendagri akan meminta Pemerintah kota Sabang menyampaikan Qanun tersebut kepada Mendagri melalui Gubernur Aceh sebagai wakil pemerintah pusat. Selanjutnya, diminta berikan kode dan data wilayah administrasi pemerintahan.

Dengan ada pemekaran Kecamatan Suka Makmue nantinya, akan ada enam Gampong (Desa) yang akan masuk dalam Kecamatan Suka.Makmue. Ke-enam Gampong tersebut diantaranya Gampong Paya Keuneukai, Gampong Beurawang, Gampong Iboh, Gampong Batee Shok dan Gampong Paya Seunara.

Selama ini Pemerintah Kota (Pemko) Sabang yang berpenduduk 38 ribu jiwa, hanya memiliki dua Kecamatan yakni Kecamatan Sukakarya dan Kecamatan Sukajaya. Dari dua Kecamatan tersebut terdiri dari 18 Gampong, dengan posisi 10 Gampong diwilayah Kecamatan Sukajaya dan 8 Gampong berkedudukan di Kecamatan Sukakarya.(Jalaluddin Zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here