Beranda Daerah Musyawarah Olahraga Kota Sabang Menghantar H. Muhammad Isa Sebagai Ketua KONI Kota...

Musyawarah Olahraga Kota Sabang Menghantar H. Muhammad Isa Sebagai Ketua KONI Kota Sabang

229
0

Sabang, Aceh

Hasil dari Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) Sabang, akhirnya menghantarkan H. Muhammad Isa, terpilih menjadi Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Sabang periode 2020 – 2024. H Muhammad Isa menjadi calon tunggal setelah lawannya, yang tak lain saudaranya sendiri (aneuk keumeun) Raja Darmawan mengundurkan diri dari pentas kontestan pemilihan pimpinan KONI Kota Sabang.

Pengunduran diri Raja Darmawan secara tiba-tiba menjadi perhatian para Pengurus Olahraga Cabang (Pengcab) yang ada di Kota Sabang. Sebab, banyak pihak yang tidak tahu betul atas sikap Raja Darmawan yang melakukan manuver balik kanan dari perjalanan pemilihan Ketua KONI tersebut.

Seperti diberitakan sejumlah media sebelumnya bahwa, Raja Darmawan mengundurkan diri dari kancah kontestan pemilihan Ketua KONI Kota Sabang, atas dasar pertimbangan moralitas dan kekeluargaan.

Karena, lawan yang dihadapi Raja Darmawan merupakan Ayahanda H. Muhammad Isa, yang telah dianggap sebagai orang tuanya sendiri. Pun begitu, Raja Darmawan selaku Ketua Pengcab Sepak Takraw ini, tetap mendukung ketua terpilih sekaligus menghantarkan H. Muhammad Isa, ke kursi pelaminan pimpinan organisasi olahraga itu.

Pada awalnya, Musorkot KONI V tahun 2020 yang rencananya dibuka Walikota Sabang, diwakili Asisten I Andre Noerman, itu sempat alot. Pasalnya, dalam laporan pertanggungjawaban yang disampaikan mantan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Sabang, Azwardi, ada peserta Musorkot yang mempertanyakan keabsahan Musorkot itu sendiri.

Namun, kealotan tersebut tidak berjalan setelah ketua Musorkot Edi Saputra, SH mempersejuk suasa dengan memberi penjelasan yang akurat terhadap yang dipermasalahkan beberapa Pengcab.

Sebelumnya Ketua Harian KONI Kota Sabang, H. Muhammad Isa melaporkan, Musorkot V KONI Kota Sabang dilaksanakan berdasarkan pemegang kekuasaan tertinggi KONI Kabupaten/ Kota, yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali, dengan tujuan memperoleh kepengurusan baru.

Maksud dan tujuan pelaksanaannya adalah untuk memperoleh kepengurusan KONI yang akumulatif dalam pembinaan olahraga dan melaksanakan seluruh program kerja pembinaan olahraga dimasa kepengurusan yang akan datang.

Pelaksanaan Musorkot V tahun 2020 mengangkat tema “Tingkatkan pretasi, mewujudkan kebersamaan menuju organisasi KONI yang profesional, menyongsong PON 2024 Aceh- Sumut”, dengan harapan insan olahraga khususnya di Kota Sabang, untuk bergerak dan terus bergerak dalam memajukan Olahraga di Kota Sabang.
Pada kesempatan yang sama Wakil I Ketua KONI Aceh, Ir. Faisal Saifuddin, dalam amanatnya mengatakan, seluruh insan olahraga di Kota Sabang khususnya pengurus KONI, kiranya dapat mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 mendatang.

“Peserta Musorkot sekalian, pada PON nanti kita sebagai tuan rumah perlu mempersiapkan diri secara maksimal, mulai dari memaksimalkan pembinaan, pelatihan dan mental. Apa yang dilakukan kepengurusan KONI Sabang saat ini sangat dihargai, seperti terbentuknya beberapa sarana prasarana yang standar, ini tentunya bentuk dukungan pelaksanaan PON nantinya”, kata Ir. Faisal.

Sementara itu Walikota Sabang dalam sambutannya yang disampaikan Asisten I Setdako Sabang, Andri Noerman, meminta kepada kepengurusan KONI ke depan untuk lebih fokus merebut kembali prestasi yang pernah diraih Kota Sabang, minimal di tingkat daerah.

“Atlit Sabang telah banyak mengukir prestasi maka pada pelaksanaan porprof di Idie tahun 2014 silam, Sabang telah menunjukan kemampuan dalam meraih beberapa juara. Ketika itu Kota Sabang menjadi runner- up dari pagelaran multi even olahraga tingkat provinsi. Terjadi sedikit kemerosotan pada even tahun 2018 saat Porda di Aceh Besar. Namun demikian tentunya ada hal- hal yang harus menjadi pembelajaran bagi kita semua, terutama sekali pengurus yang terpilih pada Musorkot hari ini”, ungkapnya.

Walikota juga meminta sumbangsih tenaga dan pikiran dari setiap pengurus cabang olahraga di Kota Sabang, untuk mampu mencetak atlet yang profesional, dan mampu kembali mengharumkan nama Kota Sabang, mulai dari tingkat daerah hingga nasional, sekaligus berharap agar, menjalin kekompakan dan tidak beriri hati serta jauhi dengki. (Jalaluddin Zky).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here