Beranda Bhayangkara Nagari Batu Kalang Di Kabupaten Padang Pariaman Menjadi Pilot Project Kampung Tangguh...

Nagari Batu Kalang Di Kabupaten Padang Pariaman Menjadi Pilot Project Kampung Tangguh Nusantara

354
0

Kepala Biro SDM Polda Sumbar Kombes Pol. Hendra Wirawan SH. SIK. MH. melakukan kunjungan peninjauan Pilot Project Kampung Tangguh Nusantara ke Kabupaten Padang Pariaman, tepatnya ke Nagari Batu Kalang Kecamatan Padang Sago kabupaten Padang Pariaman, Rabu (17/06/2020).

Untuk mencapai hasil optimal, diperlukan kolaborasi bersama untuk kembali menghidupkan ekonomi masyarakat yang sempat goyah saat pandemi covid-19, aktivitas yang dilakukan masyarakat di masa new normal adalah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan guna memutus rantai penularan atau penyebaran Covid-19. “Kapolres Padang Pariaman, AKBP Dian Nugraha HBWPS, SH, SIK”

Padang Pariaman, Sumbar | Kedatangan rombongan didampingi oleh Kapolres Padang Pariaman, AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK, Dandim 0308 Padang Pariaman, Kadinkes, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kadis Perikanan, BPBD beserta jajarannya dan tokoh masyarakat setempat.

Sebelum ke Nagari Batu Kalang, terlebih dahulu rombongan mengunjungi sentra perikanan darat di nagari Lubuak Pandan Kec. 2×11 Enam Lingkung, untuk melihat proses budidaya dari pembibitan dan pembesaran oleh kelompok pembudi daya.

Karo SDM berinteraksi langsung dengan petani pembudi daya ikan, untuk mengetahui hambatan dan peluang terhadap usaha ini dan meminta saran dan masukan dari OPD terkait yang tergabung dalam rombongan.

Dengan penerapan New Normal yang dimulai sejak tanggal 8 Juni lalu, diharapkan usaha perikanan ini dapat kembali berjalan normal. Sehingga ekonomi masyarakat yang sempat goyah, dapat kembali menopang kuat seperti sebelumnya dan tentu saja dengan mengindahkan aturan terkait protokol kesehatan dalam antisipasi covid-19.

Setelah dialog interaktif dan melihat langsung proses budidaya, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Nagari Batu Kalang Kec. Padang Sago. Sebelumnya rombongan terlebih dahulu menikmati jamuan dari tuan rumah dengan menu utama Durian Dan Katupek Puluik (Ketupat ketan, red), yang merupakan makanan khas nagari Lubuak Pandan.

Di Nagari Batu Kalang Kec Padang Sago yang merupakan lokasi pilot project Kampung Tangguh Nusantara, rombongan langsung menuju perkebunan pepaya binaan Bhabinkamtibmas, produk unggulan nagari dan juga merupakan ikon Kecamatan Padang Sago.

Rombongan disambut Camat Padang Sago, Wali Nagari Batu Kalang, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta tokoh masyarakat setempat. Seperti kunjungan sebelumnya, kembali dilakukan dialog interaktif dengan petani pepaya bersama rombongan.

Materi dialog terkait dengan hal hambatan dan solusi usaha produk unggulan Nagari Batu Kalang tersebut. Sehingga komoditi ini bisa kembali menjadi usaha utama masyarakat dalam menopang ekonomi masyarakat, walaupun pandemi covid-19 masih belum usai.

Selanjutnya di Kantor Wali Nagari Karo SDM Polda Sumbar Hendra Wirawan memaparkan Konsep Kampung Tangguh Nusantara dan selanjutnya melakukan diskusi dan minta masukan dari pemangku kepentingan dari instansi terkait.

Diskusi Berlangsung hidup dan hangat dengan salah satu kesimpulan bahwa pilot projek ini adalah urusan bersama, sehingga nagari ini juga diberi istilah Nagari Tageh Rumah Gadang.

Kapolres Padang Pariaman, AKBP. Dian Nugraha HBWPS, SH. SIK menyampaikan, “Untuk mencapai hasil optimal, diperlukan kolaborasi bersama untuk kembali menghidupkan ekonomi masyarakat yang sempat goyah saat pandemi covid-19, aktivitas yang dilakukan masyarakat di masa new normal adalah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan guna memutus rantai penularan atau penyebaran Covid-19,” ujarnya.

“Dalam rangka kesiapan ketahanan pangan dalam kondisi pandemi, program ini diharapkan dapat diterapkan di nagari lain di Kabupaten Padang Pariaman,” pungkas Dian Nugraha. (as/desleo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here