Beranda Peristiwa Ormas Dan LSM Ciamis Tuntut Pemberhentian Pembangunan Tower Milik XL Axiata

Ormas Dan LSM Ciamis Tuntut Pemberhentian Pembangunan Tower Milik XL Axiata

338
0
RSUD Tobelo

Ratusan anggota Kepolisian Resor Ciamis Polda Jabar dikerahkan untuk mengamankan kegiatan audiensi yang dilaksanakan oleh Ormas dan LSM di Kabupaten Ciamis. Pengamanan ini dilakukan di sekitar lingkungan Gedung DPRD Kabupaten Ciamis, Selasa (04/08/2020).

“Kami minta untuk diberhentikan pembangunan, dilokasi tersebut belum adanya musyawarah. Kalau tidak segera dilaksanakan maka jangan salahkan kami akan melaksanakan aksi gerakan moral,” – Koordinator Audiensi, Robi Tamzil –

Ciamis, Jabar |BU| Adapun gabungan Ormas dan LSM Kabupaten Ciamis yang mengikuti audiensi ke DPRD Ciamis tersebut, di antaranya GMBI, PP, GIBAS, LMP dan LMPI. Mereka datang menghadap para wakil rakyat untuk mempertanyakan perihal proses pembangunan menara/Tower Celular Operator XL di Wilayah Dusun Ciwahangan Desa Imbanagara, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.

HUT Bahayangkara

Demikian disampaikan Kapolres Ciamis dalam hal ini dikatakan Kapolsek Ciamis, Kompol H. Nia Kurnia  SH. MH  disela kegiatannya saat media  mewawancarainya. Ia menuturkan untuk mengamankan jalannya audensi  Ormas dan LSM,Polres Ciamis menerjunkan 111 orang personel.  Mereka merupakan anggota gabungan dari setiap fungsi dan Polsek Jajaran Polres Ciamis.

“Selama pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung, situasi berjalan dengan keadaan aman lancar dan kondusif,” tuturnya.

Dalam audiensi tersebut, Koordinator Audiensi, Robi Tamzil menyampaikan beberapa hal terkait pembangunan menara/tower operator seluler di Desa Imbanegara. Ia meminta kajian ulang Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), sebab pengeluaran IMB tersebut justru mengganggu kondusifitas masyarakat sekitar lokasi pembangunan.

“Kami minta untuk diberhentikan pembangunan, dilokasi tersebut belum adanya musyawarah. Kalau tidak segera dilaksanakan maka jangan salahkan kami akan melaksanakan aksi gerakan moral,” katanya.

Dalam audiensi tersebut, Robi menjelaskan, para peserta merasa tidak puas lantaran tidak hadirnya pihak perusahaan yang membangun menara telekomunikasi.

“Sehingga ada beberapa poin yang tidak dapat tersampaikan kepada pihak perusahaan,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Perwakilan DPRD dan Dinas terkait Kabupaten Ciamis, Sofwan Ismail selaku Wakil Ketua DPRD Ciamis mengatakan, berdasarkan kajian dan rekomendasi dari pihak Dinas terkait bahwa pembangunan menara telekomunikasi tersebut tidak bertentangan dengan Tata Ruang Kabupaten Ciamis.

“IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) pembangunan menara telekomunikasi di Dusun Ciwahangan, Desa Imbanagara telah dikeluarkan oleh pihak DPMPTSP Kabupaten Ciamis tertanggal 26 Juni 2020,” katanya.

Sofwan menambahkan, DPRD Ciamis meminta waktu selama 7 hari untuk melakukan kajian internal Komisi A. Hasil kajian akan diberitahukan langsung.

“Adapun apabila diperlukan audensi kembali akan diundang oleh pihak DPRD Kabupaten Ciamis,” jelasnya.

Pantauan media ini dalam audiensi yang dilaksanakan di gedung utama DPRD Kab. Ciamis. Dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Ketua Komisi A, Wakil Ketua Komisi dan anggota, Kepala DPMPTSP Kabupaten Ciamis, Satpol PP, Dinas PUPR, dan DPRKPLH Kabupaten Ciamis. Serta diikuti sekira 50 peserta audiensi gabungan dari Ormas-LSM Kabupaten Ciamis. (Muhamad Rifa’i)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here