Beranda Angkatan Darat Pangdam III/Siliwangi Apresiasi Kodim 0613/Ciamis Dalam Menjaga Ketahanan Pangan Di Ciamis

Pangdam III/Siliwangi Apresiasi Kodim 0613/Ciamis Dalam Menjaga Ketahanan Pangan Di Ciamis

323
0

Pangdam Ill/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto., S.Ip., MM mengatakan bahwa mayoritas penduduk Indonesia hidup dari sektor pertanian.

“Tujuan dari kegiatan penanaman padi dengan menggunakan Bios 44 DC, agar masyarakat khususnya para petani menjadi makmur dan bentuk kepedulian Kodim 0613/Ciamis dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Ciamis dan bentuk wujud kepedulian TNI AD terhadap masyarakat,” – Dandim 0613/ Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio –

Ciamis, Jawa Barat |BU| Dengan demikian maka sewajarnya bila bidang pertanian merupakan prioritas utama dalam pelaksanaan pembangunan, sehingga menjadi salah satu komponen utama dalam program dan strategi Pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan di saat wabah pandemik Corona melanda negeri ini.

Hal tersebut disampaikan Pangdam III /Siliwangi pada acara pemantauan Penanaman Padi menggunakan BIO 44 DC, dalam rangka Program Ketahanan Pangan bersama kelompok Tani Melati Mas Siliwangi bersama Kodim 0613/Ciamis di Desa Sindangkasih Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis,Selasa (20/07/2020).

Lebih lanjut ditegaskan Pangdam  bahwa dalam rangka mengentaskan Permasalahan akibat dampak dari Covid-19, menurutnya yang lebih tepay memprrkuat serta menjaga ketahanan pangan.

“Kita tau bersama ekonomi saat ini banyak penurunan,kemudian PHK merajalela di mana- mana solusi salah satunya jalan, adalah ketahanana pangan harus ditingkatkan,” tandasnya.

Dikatakan Pangdam, dengan Ketahanan pangan yang ditingkatkan itu dapat membantu serta mendukung  saudara kita yang kena PHK dan yang lainnya disebabkan dampak pandemik virus Corona.

“Dengan mengelola ketahananan pangan yang baik, kalau menghasilkan lebih baik lagi kita bisa membantu saudara kita baik yang di PHK sehingga mereka yang belume bisa melaksana kan atau mendapatkan pekerjaan lagi, kita sangat bisa membantunya, ketahanan pangan di Ciamis semakin kuat, kalau ketahanan pangan kuat tentu keamanan baik,” sambungnya.

“Dalam upaya membantu meningkatkan ketahanan pangan nasional, maka jajaran TNI AD dan Kodam III/Siliwangi, sesuai perintah Presiden dan Panglima TNI akan senantiasa berupaya untuk membantu Pemerintah Daerah,” terangnya.

Ia menuturkan untuk menjaga ketahanan pangan diantaranya dengan memanfaatkan lahan-lahan tidak produktif untuk dikelola dan dimanfaatkan menjadi lahan pertanian, dengan bekerja sama kelompok tani, kalangan dunia usaha swasta, dan berbagai elemen masyarakat lainnya, melalui program pertanian terpadu.

Ia mengatakan, “Kabupaten Ciamis yang merupakan basis atau Lumbung Padi dan beras sudah barang tentu kita bersama harus mampu menjaganya dan tetap di pertahakan,” harapnya.

Sementara Dandim 0613/ Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio saat di wawancarai awak media mengatakan.

“Saat ini Kodim 0613/Ciamis bekerjasama dengan Kelompok Tani Melati Mas Siliwangi dalam rangka menjaga ketahanan pangan di wilayah Kab.Ciamis membuat satu terobosan baru yaitu menanam padi jenis IR 64 dengan menggunakan BIOS 44 DC di atas tanah sekira 1 hektar lahan,” imbuhnya.

“Alhamdulilah bisa dilihat dan di perbandingkan antara menanam Padi dengan memakai Bios 44 DC dengan yang tidak. Alhasil jauh lebih baik yang memakai Bios 44 DC ketimbang yang tidak memakainya, padahal usia padi pada saat di tanam tidak jauh berbeda di tambah dapat harganya murah,” tuturnya.

Lanjut Tri Arto, Melalui terobosan penanaman pangan dengan menggunakan Bios 44  DC diharapakan para petani dapat hasil yang melimpah dan cepat.

“Untuk selanjutnya jika program ini berhasil maka akan di kembangkan bersama dengan Polres Ciamis dan Pemda. Bila menguntungkan dari segi ekonomi tentunya akan kita sebar luaskan kepada petani,” tuturnya.

Ditambahkan Dandim, “Tujuan dari kegiatan penanaman padi dengan menggunakan Bios 44 DC, agar masyarakat khususnya para petani menjadi makmur dan bentuk kepedulian Kodim 0613/Ciamis dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Ciamis dan bentuk wujud kepedulian TNI AD terhadap masyarakat,” pungkasnya.

Pantauan media ini hadir dalam acara tersebut Korem 062 Tarumanagara yang diwakili Dandim 0611/Garut, Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra S.Ik., MH, Kejari Ciamis, Sri Respatini SH. M.Hum, Bupati Ciamis diwakili Asisten 1 (Asda1), Drs.Ika Darmasiswara, Muspika Kecamatan Cikoneng dan Muspika Kec. Sindangkasih dan Masyarakat yang tergabung dalam kelompok Tani  Melati Mas Siliwangi.

Seusai kegiatan Pangdam III Siliwangi didampingi para tamu lainya memantau langsung perkembangan padi yang ditanam dengan menggunakan Bios 44 DC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here