Beranda TNI Pangkalan TNI AL Sabang Kedatangan KRI Bima Suci Dan Taruna AAL Angkatan...

Pangkalan TNI AL Sabang Kedatangan KRI Bima Suci Dan Taruna AAL Angkatan 67

455
0
KRI Bima Suci
RSUD Tobelo

Sabang, Aceh

Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Sabang, sambut kedatangan KRI Bima Suci dan Taruna Akademi Angkaran Laut (AAL) angkatan 67 di dermaga Lanal Sabang Sabtu (17/10/20). Kedatangan siswa calon perwira TNI AL tersebut, juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sabang.

Komandan Lanal Sabang, Kolonel Laut (P) Agus Darmawan, SE, M.Tr, Hanla, kepada awak media mengatakan, kadatangan Taruna AAL ke Sabang, merupakan rangkaian kegiatan Kartika Jala Krida, Latihan Praktek Taruna AAL di kapal, sebelum kelulusan menjadi perwira TNI AL.

“Tujuannya untuk melatih mengaplikasikan semua ilmu yang telah diperoleh selama pendidikan, menggunakan kapal layar TNI AL. Sebelumnya, kapal latih ini singgah diberbagai pelabuhan baik dalam maupun luar negeri merupakan kegiatan diplomasi Angkatan Laut serta mempromosi budaya Indonesia”, kata Kolonel Agus Darmawan.

Kolonel Agus Darmawan menjelaskan, kegiatan latihan KRI Bima Suci saat ini tidak dapat melakukan pelayaran ke luar negeri dan harus memperpendek rute hanya dalam negeri saja akibat pandemi Covid-19.

“Kehadiran para adik-adik Taruna AAL yang sedang menempuh pendidikan militer di Sabang, merupakan rangkaian kegiatan latihan bersama kapal KRI Bima Suci. Semestinya, mereka melakukan latihan pelayaran sampai ke luar negeri, namun dikarenakan situasi pandemi terpaksa harus memperpendek rutenya”, jelas Danlanal.
Lebih lanjut Danlanal menerangkan, kapal latih Bima Suci mengangkut 11 orang perwira, 6 bintara dan 1 orang pegawai negeri sipil serta 102 taruna 10 orang taruni dengan korps masing-maing yakni korps pelaut, korps teknik, korps elektronika dan korps taruna suplai.

Selama berada di Sabang, para taruna dan taruni melakukan kunjungan ke Mako Lanal Sabang, menggelar antraksi kesenian seperti mengelar kebolehan memainkan drumband serta kesenian lainnya.

“Para adik-adik taruna Akademi Angkatan Laut selama berada di Sabang, mereka melakukan beberapa atraksi kesenian misalnya, marchingband dan kebolehan lainnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19”, terangnya.
Kolonel Agus menambahkan, kegiatan yang dilakukan Taruna AAL selama di Sabang, tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19, masyarakat tidak dibenarkan mendekat dan berkumpul disekitar lokasi dermaga Lanal Sabang.

Hal ini kita lakukan untuk menjaga hal-hal yang tidak kita inginkan selama masa pamdemi ini, sesuai aturan yang tertuang dalam protokol kesehatan Covid-19. Jika warga masyarakat ingin menonton silakan menonton dari rumah masing-masing yang ada disekitar dermaga dan selama kegiatan berlangsung, jalan yang melintasi dermaga Lanal ditutup sementara sampai acara selesai”, ungkapnya. (Jalaluddin Zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here