Beranda Daerah Pangkalan TNI-AL Sabang Laksanakan Pelatihan Pramuka Saka Bahari

Pangkalan TNI-AL Sabang Laksanakan Pelatihan Pramuka Saka Bahari

39
0
Selamat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Ke -151

Sabang, NAD

Dalam rangka menjalankan salah satu tugas Pengendalian Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) sebagaimana yang diamanahkan oleh Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, Pangkalan TNI AL Sabang, selaku satuan kewilayahan TNI Angkatan Laut di Kota Sabang melalui Staf Potensi Maritim (Spotmar), Pangkalan TNI AL Sabang melaksanakan Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar).

Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Sabang, Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., memerintahkan kepada staf potensi maritim Pangkalan TNI AL Sabang untuk menggiatkan pembinaan potensi maritim, yang mana salah satu implementasinya yaitu melaksanakan pembinaan terhadap pemuda – pemudi di Kota Sabang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui wadah Pramuka Saka Bahari, yang digelar di Markas Komando Pangkalan TNI AL Sabang dalam Pelatihan Saka Bahari Binaan yang terdiri dari Gudep SMP N 1 Sabang sebanyak 14 orang, dan Gudep SMP N 5 Sabang sebanyak 10 orang, Rabu (28/07/2021).
Secara umum pembinaan pramuka Saka Bahari tidak berbeda dengan pramuka lainnya, namun khusus untuk Pramuka Saka Bahari memiliki ciri khas matra laut yang lebih ditekankan pada kesadaran wawasan nusantara, jiwa kebaharian/kemaritiman/kelautan serta aspek-aspek pembinaan mental kejuangan sebagai bangsa maritim.

Di depan siswa-siswi Pramuka, Komandan Pangkalan TNI AL Sabang yang diwakili Palaksa Lanal Sabang Letkol Laut (KH) Husni, S.Ag., menyampaikan sangat mendukung dan akan berusaha meningkatkan program serta eksistensi dari Pramuka Saka Bahari di Kota Sabang.

“Kedepan kita akan tingkatkan program-program Saka Bahari dan kalau bisa siswa-siswi Saka Bahari nantinya memiliki prestasi yang nyata baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional,” katanya.

Kegiatan pelatihan yang diterima siswa-siswi Saka Bahari Gudep SMP N 1 Sabang dan Gudep SMP N 5 Sabang, diantaranya materi Semaphore oleh personil Satkom Lanal Sabang dan pengenalan alat selam oleh Pembina Saka Bahari Lanal Sabang. Kegiatan pelatihan tersebut diakhiri dengan photo bersama di depan Mako Lanal Sabang.

Hadir dalam kegiatan pelatihan Saka Bahari antara lain Palaksa Lanal Sabang, Letkol Laut (KH) Husni, S.Ag., Paspotmar Lanal Sabang, Kapten Laut (K) dr. Eko Tjandra Aprilianto, Pembina Saka Bahari Lanal Sabang, Letda (Purn) Suwarna, Ketua Gudep SMP N 1 Sabang, Asra Duana, S.Pdi., Pembina Gudep SMP N 1 Sabang, Yusmanidar, S.Pd., Pembina Gudep SMP N 5 Sabang, Suriati, S.Pdi. (Jalaluddin Zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here