Beranda Bhayangkara Pelaku Pencurian HP Dan Uang Tunai Di Kompleks Buaele Desa Gura Tobelo...

Pelaku Pencurian HP Dan Uang Tunai Di Kompleks Buaele Desa Gura Tobelo Tertangkap Di Ternate

50
0
RSUD Tobelo

Tobelo, Halut

Pelaku pencurian sejumlah telepon genggam (HP) dan uang tunai di kompleks buaele Desa Gura, Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, pada Sabtu (27/03/2021), pukul 05.30 WIT, akhirnya diringkus aparat kepolisian Polsek KP3 Ahmad Yani Polres Ternate, pada Minggu (28/03/2021).

Tertangkapnya Naser Puni alias Iki (22), warga Desa Pangeo, Kecamatan Morotai Jaya, Kabupaten Pulau Morotai, atas laporan Nurlamsyah Basri (27), pada Sabtu (27/03/2021). Nurlamsyah melaporkan kehilangan 3 (tiga) buah Handphone type Iphon X, Vivo V15, dan Vivo S1 bersama uang tunai Rp 2.500.000.
“Saya bangun tidur dan kaget, ternyata HP dan uang saya sudah tidak ada (hilang),” ungkap Nurlamsyah.

Kasubag Humas Polres Halmahera Utara, AKP Mansur Basing, SH., menjelaskan, sehubungan dengan laporan peristiwa tersebut, maka pada hari Minggu (28/3/2021), anggota Opsnal Sat Reskrim Polres Halmahera Utara, berkerjasama dengan personil Polsek KP3 Ahmad Yani Polres Ternate, berhasil mengamankan tersangka Iki (pelaku pencurian).

Bermula dari gerak gerik pelaku mencurigakan, pada saat pelaku hendak membuka kode kunci HP yang dicuri pelaku tersebut di salah satu konter di Ternate. Melihat hal tersebut, anggota Polsek KP3 Ahmad Yani Ternate langsung mengamankan pelaku, dan saat diinterogasi, pelaku mengaku bahwa HP tersebut dicuri pelaku di Tobelo. Kemudian anggota Polsek KP3 Ahmad Yani berkoordinasi dengan Kanit Opsnal Reskrim Polres Halut, dan membenarkan peristiwa pencurian tersebut. Selanjutnya dilakukan penjemputan pelaku di Ternate, yang telah diamankan beserta barang bukti HP yang belum sempat dijual.
Dari keterangan Iki, bahwa dirinya nekat melakukan aksi pencurian barang milik Nurlamsyah untuk dijual dan digunakan sebagai biaya transportasi ke Manado, Sulawesi Utara, untuk menjumpai kakaknya.

Dalam melakukan aksinya, Iki hanya seorang diri. Pelaku mencuri dengan cara memanjat ventilasi pintu samping kanan rumah korban, setelah pelaku masuk ke dalam rumah dan menuju ke kamar korban yang pada saat itu tidak terkunci, lalu pelaku langsung mengambil tas korban yang berisikan HP dan uang, kemudian pelaku mengambil lagi HP korban yang lagi dicas.

Akibat dari kejadian tersebut, Iki (Pelaku) dikenakan Pasal 363 Ayat (1) ke 3 dan 5 KUHPidana, tentang Pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Roby Pangemanan)

HUT Bahayangkara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here