Beranda Peristiwa Pelatihan Bagi Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat Ciamis

Pelatihan Bagi Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat Ciamis

103
0

Pelatihan Perlindungan Masyarakat Bagi Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Aula Desa Mangkubumi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis, dilaksanakan, Rabu (29/01/2020).

Ciamis, Jabar | Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Dinas Polisi Pamong Praja Drs. Kresna Gunawan, Camat Sadananya Ir. Tini Lastiniwati MP, Danramil Ciamis Mayor Arh Wilde Panggakerang. A.Md, Kapolsek Ciamis diwakili Panit Binmas Sadananya Aiptu Uus Rusyana, Para Kepala Desa dan Peserta Pelatihan.

Dalam Sambutannya Sekdis Polisi Pamong Praja(Pol PP) menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan kordinasi  dalam penyelenggaraan perlindungan masyarakat di daerah.

“Selain itu kegiatan inipun bertujuan untuk meningkatkan wawasan pengetahuan, pembentukan sikap dan prilaku anggota satlinmas dalam peyelenggaraan perlindungan masyarakat serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota satlinmas dalam membantu penaggulangan bencana alam, dalam kegiatan  sosial kemasyarakatan serta menjaga keamanan dan ketertiban dalam penyelenggaraan pemilu pusat dan daerah,”tuturnya.

“Di harapkan para Linmas dapat memahami dari maksud di selenggarakannya acara ini untuk di laksanakan di Desanya masing-masing”

Dalam kegiatan tersebut para peserta pelatihan mendapatkan pemahaman dari para pemateri dari TNI dan Polri. Adapun materi yang diberikan kepada anggota Linmas oleh Narasumber selain Teori juga praktek di lapangan diantaranya latihan PBB, Penggunaan Tongkat dan Borgol Polri, Penggunaan Pluit dan pengaturan Lalulintas.

Seusai kegiatan Danramil Ciamis Mayor Arh Wilde saat di wawancarai media ini mengatakakan, kegiatan ini merupakan langkah yang sangat positif yang di lakukan oleh pelaksana kegiatan.

Tujuan untuk memberikan pengetahuan linmas tentang kedispilan, pengetahuan tentang pengendalian lingkungan di wilayahnya masing-masing.

“Langkah yang harus di lakukan  oleh para Linmas yaitu mengantisipasi keamanan diwilayahnya sendiri, antisipasi dalam bencana Linmas harus garda terdepan dalam situasi darurat bencana dan Linmas harus berperan kuat,” tuturnya.

Saat di tanya tujuan dari (PBB), “pada dasarnya Linmas harus di siplin, harus mendisiplinkan dirinya selain disiplin para Linmas juga harus berjiwa Patriotisme, berpostur yang baik dan bekerjasama dengan TNI dan Polri,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here